Masyarakat Pemalang Terbukti Puas dengan Kinerja Pemimpinnya, H Junaedi-H Martono

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Masyarakat Kabupaten Pemalang terbukti cukup puas dengan kinerja Bupati-Wakil Bupati periode 2016-2021, Dr H Junaedi SH MM – Drs H Martono. Itu diketahui dari survei yang dilakukan Pusat Kajian dan Informasi Publik (PUSKAPIK) serta Lembaga Survei Kebijakan Publik (LSKP).

Hasil survei kepuasan masyarakat Kabupaten Pemalang terhadap kinerja H Junaedi dan H Martono, disampaikan PUSKAPIK dan LSKP, dalam konferensi pers di Hall Sentana Hotel, Pemalang, Minggu 6 Desember 2020.

Dalam konferensi pers itu, Direktur PUSKAPIK, Heru Kundhimiarso, menyampaikan, PUSKAPIK dan LSKP melakukan survei pada tanggal 13 sampai dengan 18 November 2020, dengan metode stratified multistage random sampling.

“Kenapa survei sudah selesai digelar tanggal 18 November, tapi hari ini baru dirilis, karena ada beberapa pihak yang meminta kita merilis ini. Karena survei ini juga dilakukan secara terbuka, dan beberapa pihak juga tahu. Pada saat kami melakukan survei juga izin dengan Bakesbangpol, dan pemberitahuan pihak kepolisian,” kata Heru Kundhimiarso.

Disamping itu, Heru Kundhimiarso juga memastikan, hasil survei ini benar-benar sesuai fakta, tentang persepsi masyarakat terhadap kinerja Bupati-Wakil Bupati periode 2016-2021, Dr H Junaedi SH MM – Drs H Martono.

“Dari sekitar 50 surveiyor, hanya 2 orang yang dari Pemalang, sisanya di datangkan dari luar kota, supaya memang survei ini benar-benar riil, apa adanya,” jelas Heru Kundhimiarso.

Lebih lanjut, dalam paparannya, Koordinator LSKP, Sudarmadi, menjelaskan, metode pengumpulan data survei ini dilakukan dengan wawancara secara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner.

“Pertanyaannya seperti ini, ‘bagaimana bapak/ibu melihat hasil kerja bapak Junaedi sebagai Bupati Pemalang?’. Jadi jawabannya sangat puas,cukup puas,kurang puas,tidak puas sama sekali, dan ada yang tidak menjawab,” terang Sudarmadi.

Heru Kundhimiarso, Direktur Pusat Kajian dan Informasi Publik (PUSKAPIK), dalam paparan hasil survei LSKP dan PUSKAPIK, pada konferensi pers di Hall Sentana Hotel, Pemalang, Minggu 6 Desember 2020.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

Jumlah sampel dalam survei ini adalah 800 responden dengan margin of error kurang lebih 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Semua responden itu Warga Negara Indonesia di Kabupaten Pemalang yang telah berusia 17 Tahun atau lebih dan atau sudah
menikah.

Secara detail, persentase kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bupati Pemalang, H Junaedi, sangat puas 5,58 persen, cukup puas 57,36 persen, kurang puas 19,24 persen, tidak puas sama sekali 2,38 persen, dan tidak menjawab 15,44 persen.

Kemudian, persentase kepuasan masyarakat terhadap kinerja Wakil Bupati Pemalang, H Martono, sangat puas 4,05 persen, cukup puas 56,41 persen, kurang puas 22,27 persen, tidak puas sama sekali 3,78 persen, dan tidak menjawab 13,50 persen.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini