Pemkot Pekalongan Belum Izinkan KBM Tatap Muka di Sekolah

0
Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz usai membuka FGD Optimalisasi Pajak di Ruang Amarta Setda, belum lama ini. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan menegaskan belum mengizinkan pelaksanaan Kegiatan Belajar mengajar (KBM) dengan tatap muka di sekolah karena mempertimbangkan situasi penularan COVID-19 yang masih fluktuatif.

“Sampai sekarang belum berani, statusnya masih belum memungkinkan (tatap muka), karena melihat situasi kasus Covid-19 di Kota Pekalongan belum reda,” kata Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz usai membuka FGD Optimalisasi Pajak di Ruang Amarta Setda, belum lama ini.

Keputusan belum diizinkannya KBM secara tatap ini juga dipicu lantaran adanya kluster baru di salah satu lembaga pendidikan pondok pesantren, di mana 14 santri terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kota Pekalongan sampai hari ini belum memungkinkan dibuka untuk KBM tatap muka, apalagi di salah satu pondok pesantren kita ada santrinya yang terpapar 12 orang ditambah lagi 2 hari ini,” katanya.

Menurut Saelany, saat ini Pemkot Pekalongan terus berkoordinasi dengan pengelola pondok pesantren untuk penanganan lebih lanjut.

Kasus Covid-19 di Indonesia juga belum tampak tanda-tanda berakhir. Khusus Kota Pekalongan yang tadinya peta risikonya zona hijau, kuning dan orange, sekarang zona merah. Wali kota mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan melalui penerapan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak aman minimal 1,5-2 meter sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Ini kita prihatin sekali apakah pesantrennya harus ditutup sementara atau dipulangkan terlebih dahulu santrinya, dan yang sakit harus diseriusi untuk penanganannya. Dari pengelola pondok pesantrennya meminta seluruh santri untuk bisa di-swab semuanya. Kalau terkonfirmasi positif, kita harus cepat-cepat bertindak, ini tidak bisa dibiarkan karena pesantren itu kan 1 ruang saja untuk beberapa orang. Jadi untuk keputusan izin KBM tatap muka ini kita belum ada,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini