Terpapar Corona, Pengasuh Ponpes Al Hikmah 2 Benda Wafat

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Brebes – Setelah menjalani perawatan selama sepekan di Rumah Sakit Tugu Rejo Semarang. Satu dari sembilan pengasuh Ponpes Al Hikmah 2 Benda, Sirampog, Brebes, yang terkonfirmasi terpapar corona, Sabtu 14 November 2020, wafat.

KH Muhlas Hasyim, meninggal dunia pukul 11.45 WIB. Dia adalah salah satu dari sembilan pengasuh ponpes yang dinyatakan positif COVID-19.

Kabar meninggalnya pengasuh 3 Ponpes Al Hikmah 2 ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Brebes, dr Sartono. Dihubungi lewat saluran telepon Sabtu siang, dia menjelaskan, KH Muhlas Hasyim meninggal setelah menjalani perawatan di RS Tugu Rejo.

“Kabar dari dokter Pondok Pesantren Al Hikmah 2, pasien atas nama Muhlas Hasyim meninggal tadi siang. Beliau adalah salah satu dari sembilan pengasuh yang terkonfirmasi positif COVID-19,” tuturnya.

Sartono menambahkan, pasien ini memiliki komorbid atau penyakit penyerta, yakni hypertensi.

“Ada komorbidnya, hypertensi,” ungkapnya.

Sementara, KH Solahudin saat dihubungi mengatakan, jenazah akan dimakamkan di Desa Benda, Sirampog. Pemakaman jenazah KH Muhlas akan menggunakan standar COVID-19.

“Pemulasaran dilakukan di Semarang. Setelah disolatkan akan langsung dibawa ke Benda untuk dimakamkan standar COVID-19,” kata Gus Solah, panggilan akrab KH Solahudin.

Seperti diberitakan sebelumnya, sembilan pengasuh dan dua santri Ponpes Al Hikmah 2 Benda Sirampog, Brebes, dinyatakan positif COVID-19. Kasus positif ini berawal dari hasil swab salah satu pengasuh ponpes yang dinyatakan positif. Tidak lama, dilakukan tracing dan menemukan 2 santri serta 8 pengasuh positif corona.

Setelah muncul kasus baru itu, dari 4800 santri ada 200 orang yang mengaku mengalami gejala klinis, yakni adanya gangguan pada indra penciuman. Dari 200 orang itu, 67 diperiksa dengan rapid test dan hasilnya reaktif.

Mengantisipasi terjadinya penularan, 200 santri ini sekarang diisolasi di ruang khusus ponpes. Selama menjalani isolasi ini, mereka terus dipantau oleh tim medis dari Dinas Kesehatan dan pihak Ponpes Al Hikmah 2.

Kontributor : Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!