Tahun Depan Pasar Pagi Pemalang Pindah ke Sebelah Pasar Sayur

0
FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Pemerintah Kabupaten Pemalang akan merelokasi pasar tradisional pasar pagi di Jalan Jenderal Sudirman tahun anggaran 2021, ke Jalan Slamet Riyadi atau sebelah utara pasar sayur dan buah. Anggaran yang digunakan melalui APBN 2021 senilai Rp 250 miliar.

Usai menggelar rapat bersama Komisi C DPRD Pemalang, Selasa 10 Nopember 2020, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pemalang, Hepi Priyanto membenarkan, rencana relokasi pasar pagi Pemalang Jalan Jenderal Sudirman ke Jalan Slamet Riyadi atau sebelah utara pasar sayur dan buah tahun anggaran 2021.

Hepi menyampaikan, rencana itu merupakan hasil analisa dan kajian pasar yang kemudian didukung oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2021 melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-PR).

“Dalam proyek pasar ini, Pemkab Pemalang akan mendamping melalui penyiapan lahan dan pengurugan, selanjutnya pelaksanaannya dari Kemen PUPR,” jelas Hepi.

Lahan relokasi pasar pagi Pemalang, lanjut Hepi, seluas 5 hektar dan nantinya akan dibangun dua lantai lengkap dengan sarana dan prasarana umum, seperti tempat parkir dan tempat ibadah. Sebagaimana kajian pemerintah akan menampung jumlah pedagang yang ada di pasar pagi termasuk pedagang yang belum memiliki tempat berjualan atau yang berjualan di luar emperan pasar.

“Dibarapakan bisa menampung seluruh pedagang termasuk pedagang yang berjualan di emperan pasar, mengingat pasar yang baru nanti memiliki lahan yang cukup luas,” kata Hepi.

Ia berharap, adanya revitalisasi pasar pagi Pemalang yang baru nanti, merupakan pasar tradisional yang berkarakter modern, sehingga semua pihak termasuk pedagang dan pembeli dapat memanfaatkan dengan baik, menjaga kebersihan dan mentaati tata tertib pasar.

Penulis : Dedi Muhsoni
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini