Tiket Kereta Api Gratis untuk Guru dan Nakes Tak Tersedia di Stasiun Pemalang

0
Stasiun Pemalang, Jalan Veteran Nomor 28, Kelurahan Pelutan.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh tiap tanggal 10 November, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan voucher tiket gratis untuk guru, baik ASN maupun Honorer, serta tenaga kesehatan (nakes).

Itu dibenarkan Customer Service Stasiun Pemalang, Novi Dwi Handayani. Namun demikian, menurut Novi, voucher tiket itu tidak bisa diambil atau ditukar di Stasiun Pemalang.

“Kalau untuk Daop IV hanya di stasiun Semarang Tawang, pengambilan maupun penukaran hanya di Semarang Tawang. Untuk pengambilan maupun penukaran itu jam operasional, dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore,” terang Novi.

Novi menambahkan, voucher tiket yang bisa ditukarkan di Daop IV hanya untuk kereta Kaligung dan Kamandaka. Total, ada 10.000 voucher yang disiapkan PT KAI, yaitu 7000 voucher tiket kereta api kelas ekonomi, dan 3000 voucher tiket kelas eksekutif.

“Untuk voucher eksekutif dari Daop IV berjumlah 343 voucher, untuk ekonominya 2.067 voucher,” jelas Novi.

Jadwal pengambilan atau penukaran voucher kelas eksekutif dimulai dari tanggal 7 sampai 29 November 2020, dengan perjalanan tanggal 8 sampai 30 November 2020. Sedangkan untuk voucher kelas ekonomi dimulai tanggal 11 sampai 29 November 2020, dengan keberangkatan tanggal 12 sampai 30 November 2020.

Dituturkan Novi, voucher tiket itu hanya diperuntukan guru TK sampai SMA atau sederajat. Sedangkan untuk tenaga kesehatan, hanya untuk bidan atau perawat. Tidak berlaku untuk dokter, petugas administratif, dan tata usaha.

“Syaratnya itu hanya membawa KTP asli dan fotokopi KTP, yang menerangkan pekerjaan mereka itu sebagai nakes atau guru,” tutur Novi.

Terakhir Novi menegaskan, voucher tiket itu hanya satu kali perjalanan. Meski hanya bisa didapat atau ditukar di Stasiun Semarang Tawang, namun relasi perjalanan bisa dari Stasiun Pemalang dengan kereta tertentu seperti Kaligung dan Kamandaka.

“Kalau dari sini Kamandaka itu misalnya tujuan ke Purwokerto ke arah timur itu hanya yang jam 12.30 dan 22.30 WIB,” pungkas Novi.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini