Malam Ini Puncak Arus Balik Libur Panjang

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Brebes – Puncak arus balik libur panjang dan cuti bersama diprediksi terjadi Minggu 1 November 2020, mala mini,

Hingga Minggu sore, arus lalu lintas masih terlihat normal meskipun volume kendaraan mulai mengalami peningkatan. Kondisi ini tidak hanya di ruas tol, namun juga terjadi di jalur pantura dan jalur selatan.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah menyebut, secara umum, arus balik sudah mengalami peningkatan pada Minggu ini. Akan tetap kenaikkan ini tidak menimbulkan hambatan dan bahkan cenderung landai.

“Di tol, arus lalu lintas masih normal. Begitu pula di jalur pantura dan jalur selatan, kendaraan yang akan menuju ke barat (arah Jakarta) masih normal. Meski ada peningkatan tapi sejauh ini belum ada hambatan dan masih lancar,” kata Kasat Lantas Polres Brebes, di gerbang tol Brebes Timur (Breksit).

Kasat Lantas menambahkan, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu malam. Peningkatan jumlah volume kendaraan, kata AKP Putri, bahkan sudah mulai terlihat sekitar pukul 15.00 dan akan terus bertambah hingga puncaknya pada Minggu malam nanti.

“Prediksi peningkatan arus kendaraan menuju ke arah barat atau Jakarta terjadi mulai pukul 15.00 sampai dengan malam ini. Puncaknya (Minggu) malam ini. Karena kemungkinan Senin besok masyarakat sudah banyak yang mulai beraktivitas atau bekerja,” terang Kasatlantas.

Kasatlantas menambahkan, untuk mengurangi beban kendaraan di ruas tol, kendaraan besar atau sumbu tiga dialihkan ke jalur pantura. Hal ini sekaligus untuk antisipasi jika terjadi peningkatan volume kendaraan di jalur tol.

“Sekarang ini arus lalu lintas masih normal, sehingga rekayasa lalulintas baik kontra flow dan lainnya belum dilakukan,” ungkapnya.

Petugas PPTR Pejagan-Pemalang, Deny Harjono merinci,
kenaikan volume kendaraan di pintu tol Brebes Barat maupun Brexit hingga Minggu sore sekitar 20 persen. Kendaraan keluar masuk di pintu tol Brebes Barat pada Minggu sore ada 1.370 kendaraan. Pintu tol Brebes Timur sekitar 2600 kendaraan. Sementara di pintu tol Tegal mencapai 3600 kendaraan.

“Diprediksi volume kendaraan pada arus balik ini lebih tinggi dari arus mudik tanggal 28 Oktober lalu. Kalau arus mudik kemarin 43 ribu kendaraan. Sedangkan arus balik ini diperkirakan mencapai 45 ribu kendaraan,” katanya.

Kontributor : Fahri Latief
Editor : Amin Nurrokhman

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!