Sumpah Pemuda, FKUB Pemalang Gelar Temu Generasi Muda Lintas Agama

0
Temu generasi muda lintas agama, Kabupaten Pemalang, di sebuah rumah makan Jalan Jenderal Sudirman, Pemalang, Senin 26 Oktober 2020.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pemalang menggelar acara temu generasi muda lintas agama. Acara itu digelar di sebuah rumah makan Jalan Jenderal Sudirman, Pemalang, Senin 26 Oktober 2020.

Dihadiri seluruh perwakilan organisasi pemuda serta mahasiswa di Pemalang, FKUB mengundang narasumber Kasat Binmas Polres Pemalang, AKP Sukono, Kepala Kemenag Pemalang, Fahrur Rozi, serta Kepala Bakesbangpol Pemalang, Sujarwo.

Saat ditemui usai acara, Ketua FKUB Pemalang, KH Mudatsir Mas’ud, mengatakan, tujuan dari acara temu generasi muda lintas agama ini, adalah untuk menciptakan kerukunan dalam menghadapi Pilkada.

“Selain itu, ini untuk moderasi agama, sehingga dalam mengamalkan agama tidak terlalu ekstrim, tapi bermoderasi. Harapannya, mudah-mudahan apa yang disampaikan narasumber tadi bisa terlaksana, baik dalam pengamalan agama maupun Pilkada 2020.” terang KH Mudatsir Mas’ud.

Mengusung tema, ‘Dengan semangat sumpah pemuda kita tingkatkan moderasi beragama dalam menghadapi Pilkada ditengah pandemi Covid-19’, hadirin diberi kesempatan untuk berdialog dengan narasumber terkait situasi dan kondisi di Pemalang.

Dari Bakesbangpol Pemalang, Sujarwo, menyampaikan materi kepemimpinan. Ia juga menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan Bakesbangpol Pemalang dengan adanya kekhawatiran tingginya angka Golput dalam Pilkada 2020, ditengah pandemi Covid-19.

“Harapan saya dengan acara ini, diharapkan teman-teman pemuda bisa memberi kontribusi yang sifatnya membangun untuk kemajuan bangsa dan negara, khususnya Pemalang, di tengah pandemi Covid-19,” tutur Sujarwo.

Sujarwo menekankan agar ada moderasi beragama di tengah masyarakat, khususnya para pemuda. Ia berharap, peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober nanti, menjadi momen penyemangat generasi muda sebagaimana semangat tokoh inisiator kongres sumpah pemuda itu sendiri.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini