Beri Pemasukan Warga, Pemkot Pekalongan Gelar Program Padat Karya

Pemkot Pekalongan melakukan padat karya pembersihan selokan di Kelurahan Klego, Kecamatan Pekalongan Timur, Kamis, 1 Oktober 2020. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Pemkota Pekalongan berupaya mengentaskan pengangguran di wilayahnya melalui program padat karya di kelurahan yang digalakkan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker). Padat karya kali ini menyasar Kelurahan Klego, Kecamatan Pekalongan Timur, yang diharapkan dapat memberikan pemasukan bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan.

Kepala Bidang Penempatan Kerja, Pelatihan, dan Produktivitas Dinperinaker Kota Pekalongan, Iskandar menyampaikan bahwa program padat karya ini selain untuk menyerap tenaga kerja, juga memperbaiki kondisi lingkungan. “Pemkot melalui Dinperinaker bermaksud memberdayakan masyarakat pengangguran sementara dengan menggantikan sedikit upah,” kata Iskandar, Kamis, 10 Oktober 2020.

Diterangkan Iskandar, kegiatan bersih selokan ini mengandalkan tenaga manusia, karena tak bisa dijangkau dengan alat berat. “Kami libatkan 60 tenaga kerja dari warga setempat tentunya juga untuk menghidupkan kembali kegotong-royongan. Padat karya ini juga sebagai antisipasi musim hujan agar wilayah Klego tak banyak genangan atau banjir,” kata Iskandar.

Sementara itu, Lurah Klego, Muhamad Farid menyambut positif kegiatan padat karya membersihkan selokan Jalan Seroja. Sebab, selain akan membantu perekonomian warga, juga dapat mengatasi permasalahan genangan air pasca hujan di Wilayah Klego. “Program dari Dinperinaker ini memang ditunggu masyarakat, pasalnya banyak lumpur yang mengendap di selokan yang memang harus segera dibersihkan mendekati musim hujan tahun ini,” kata Farid.

Farid menjelaskan bahwa pembersihan selokan di Klego ini yakni selokan sepanjang 800 meter dengan kedalaman 2 meter dan lebar 2 meter. “Melalui kegiatan ini harapannya memberikan pembelajaran ke masyarakat Klego untuk memelihara lingkungan dan saluran. Semoga usai diguyur hujan wilayah Klego genangannya cepat surut dan tidak banjir lagi,” kata Farid.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Iklan

Tinggalkan Balasan