Hari Ini, di Pemalang Puluhan Kucing dan Anjing Divaksin Rabies

0
FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Peringati Hari Rabies Sedunia, 28 Sepetember, Dinas Peternakan Pemalang menggelar vaksinasi rabies massal, siang ini, Senin 28 September 2020.

Dilaksanakan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kabupaten Pemalang, Jalan Moh Yamin, utara Terminal Induk Pemalang. Sebanyak 88 hewan (kucing, anjing) dari 60 pemilik menjalani penyuntikan vaksin rabies.

Kepala Dinas Peternakan Pemalang, Muntohir, menyampaikan, semua pelayanan vaksinasi tidak dipungut biaya. Hewan yang divaksinasi adalah hewan yang berpotensi menularkan rabies yakni kucing, anjing, dan kera.

“Sebagaimana arahan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah, penyakit rabies adalah salah satu penyakit mematikan yang ditularkan oleh hewan. Jawa Tengah sendiri sudah dinyatakan bebas rabies, kami mempertahankan wilayah Jateng sebagai wilayah bebas rabies salah satunya dengan kegiatan ini, ” ungkapnya.

Muntohir menambahkan, warga yang melakukan vaksinisasi hari ini, sebelumnya sudah mendaftar melalui online. Hal ini guna menghindari kontak langsung dengan petugas dalam pandemi Covid-19 saat ini. Dirinya juga menyampaikan, di tahun 2020 (sampai hari ini), Dinas Peternakan Pemalang sudah melakukan vaksinasi kepada 588 ekor hewan di Kabupaten Pemalang.

“Dan untuk yang tidak bisa hari ini jika ingin melakukan vaksinasi hewan peliharaannya bisa dilakukan di Puskeswan Pemalang dan Puskeswan Randudongkal, ” ujarnya.

Salah satu warga Pemalang yang membawa kucing peliharaannya untuk divaksin, Diah Riski, menyampaikan rasa senangnya. Pemilik kucing jenis Persia medium bernama Brey ini berujar, jika melakukan vaksinasi di pet shop maka Dia harus mengeluarkan biaya minimal Rp 170 ribu.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini