Dindik Pekalongan Gelar Workshop Cara Mendidik ABK di Tengah Pandemi

Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan menyelenggarakan workshop Pengenalan ABK dan Cara Belajar di aula dindik setempat, Senin, 14 September 2020. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan menyelenggarakan workshop Pengenalan ABK dan Cara Belajar di aula dindik setempat, Senin, 14 September 2020. Kegiatan ini melatih cara menstimulasi anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan psikis dan kemampuan otak yang berbeda di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Seksi Kurikulum dan Kelembagaan PAUD Dindik Kota Pekalongan, Sherly Imanda Hidayah mengungkapkan, Dindik menggelar workshop selama tiga hari ini kaitannya dengan pengenalan ABK dan cara belajarnya. “Ini berkesinambungan dengan pelatihan sebelumnya dan bertahap. Kali ini cara belajarnya dan selanjutnya tentang pembelajaran individu. Kita ingin tahu sekolah-sekolah yang menangani ABK dan sekolah inklusi dan pembelajarannya seperti apa,” kata Sherly.

Menurutnya, cara belajar ABK di sekolah inklusi tentu berbeda dengan penanganan yang di SLB. Program pembelajaran individu memang harus ditekankan dengan melihat potensi setiap anak atau setiap anak memiliki silabus masing-masing. “Melalui workshop ini kami berharap kualitas sekolah inklusi dan sekolah yang menangani ABK mututu dan kualitasnya lebih baik lagi,” kata Sherly.

Ia juga berpesan agar para orang tua mendukung tumbuh kembang ABK. Sherly mengingatkan agar orang tua menerima ABK dengan baik agar tingkat harga diri dan rasa semakin percaya dirinya semakin tinggi. Begitu pun masyarakat tak boleh memandang ABK sebelah mata. Berbagai potensinya harus diintervensi dan diasah secara maksimal.

“Workshop kali ini kami menghadirkan narasumber dari Dindik dan RSUD Bendan,” kata Sherly.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Iklan

Tinggalkan Balasan