KPU Pemalang Periksa Kembali Hasil Pleno PPS dan PPK

0
KPU Pemalang menggelar rakor persiapan pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di tingkat Kabupaten, Kamis, 10 September 2020. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – KPU Pemalang menggelar rakor persiapan pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di tingkat Kabupaten, Kamis, 10 September 2020. Rakor internal ini bertujuan untuk merangkum permasalahan yang ada di pleno tingkat Desa (PPS) serta Kecamatan (PPK), khususnya dalam pencocokan dan penelitian (Coklit).

“Rata-rata clear sih, enggak ada permasalahan,” kata Komisioner KPU Pemalang Divisi Data dan Informasi Aida Yunirahmawati saat ditemui di sela-sela acara.

Sempat terjadi kekeliruan data yang dibacakan oleh beberapa anggota PPK. Menurut Aida, itu terjadi akibat adanya data baru atau perbaikan, serta salah perhitungan dengan rekapitulasi data menggunakan aplikasi Sidalih.

“Tadi sudah ketemu semua sih, kita kan meng-crosscheck yang temen-temen plenokan di tingkat kecamatan, itu angkanya sama enggak dengan yang di Sidalih,” kata Aida.

Dalam kegiatan ini, total ada 28 anggota PPK hadir. Tiap PPK mengirimkan 2 anggota untuk menyampaikan hasil pleno di kecamatan. Mereka yang bertanggung jawab proses DPHP. Pleno DPHP di PPK sendiri, sudah digelar sejak 2 sampai dengan 4 September 2020 lalu.

“Intinya yang dibacakan itu yang diplenokan temen-temen, dalam artian perlu di-crosscheck itu, bener ndak manual sama yang di aplikasi seperti apa,” kata Aida.

Terakhir, Aida mengatakan, untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan dilaksanakan pada Oktober mendatang. “Berarti tanggal 10 Oktober ke sana itu nanti tinggal dijadwalkan, waktunya ada rentang, jadi kita mau menetapkan tanggal berapanya itu belum. Intinya Oktober itu selesai,” tutup Aida.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini