Ada Bantuan Modal Usaha Mikro Rp 2,4 Juta, Ini Syarat dan Caranya

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Brebes – Belum banyak warga yang tahu adanya batuan Program Bantuan Permodalan Usaha Mikro di Kabupaten Brebes. Meskipun sudah hampir 20 ribu orang mendaftar.

Kasi Pengembangan Usaha Mikro Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Brebes, Wahyu Hidayat, menjelaskan, sejak dibuka 24 Aguatus lalu, sudah masuk sekitar 19 ribu orang pemohon.

Jumlah pemohon ini dipastikan makin bertambah karena menjelang berakhir masa pendaftaran 11 September 2020 nanti, masih banyak warga yang berbondong bondong ingin mendaftarkan diri.

“Hari kemarin data yang masuk sudah sekitar 19 orang dan sekarang masih banyak yang antri di kantor. Dari pagi mereka sudah berbondong bondong menunggu di depan kantor,” kata Wahyu Hidayat Rabu 9 September 2020 siang.

Lebih lanjut Wahyu mengungkapkan, banyak warga yang belum mengetahui syarat mendapatkan bantuan Program Bantuan Permodalan Usaha Mikro sebesar Rp.2,4 juta. Selain harus memiliki usaha, pemohon juga tidak sedang mengangsur kredit dari bank dan saldo yang dimiliki tidak lebih dari Rp 2 juta.

“Jadi bila dia punya tanggungan kredit bank dan saldonya di atas Rp.2 juta maka dipastikan tidak dapat bantuan ini,” tandas Wahyu.

Untuk mempermudah proses pendaftaran, lanjut Wahyu, mulai hari ini pemohon tidak perlu datang dan antri di kantor Dinkumdag untuk mendaftar secara manual. Mereka bisa mendaftar dengan entri data secara online di alamat web http://tiny.cc.Brebes.

“Sejak hari ini pendaftaran secara online. Alamat webnya sudah tersedia tinggal entri data. Tujuannya untuk memudahkan bagi pemohon yang rumahnya jauh sekaligus mengurangi kerumunan saat mendaftar,” sambung Wahyu Hidayat.

Perubahan sistem pendaftaran ini dikeluhkan oleh para pelaku usaha mikro. Pasalnya, hampir semua pelaku usaha yang mendaftar tidak mengenal IT. Bahkan mereka tidak memiliki HP atau komputer.

Pantauan detikcom di Kantor Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Brebes, hingga Rabu siang masih banyak warga berkumpul untuk mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan usaha sebesar Rp.2.4 juta. Beberapa petugas kantor juga sibuk melayani warga yang berebut agar namanya masuk sebagai calon penerima.

“Cara mendaftar online bagaimana. Saya kan tidak punya HP dan tidak tahu soal internet,” kata Simpen (45) pedagang rujak asal Kecamatan Bulakamba.

Kontributor : Fahri Latief
Editor : Amin Nurrokhman

 

Iklan

Tinggalkan Balasan