Pengurus DPD FK PKBM Kota Pekalongan Resmi Dikukuhkan

0
Pelantikan dan pengukuhan Pengurus DPD FK PKBM Kota Pekalongan masa bakti 2020-2025 di Aula B Dinas Pendidikan (Dindik) setempat, Kamis, 3 September 2020. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK PKBM) Kota Pekalongan masa bakti 2020-2025 resmi dilantik dan dikukuh di Aula B Dinas Pendidikan (Dindik) setempat, Kamis, 3 September 2020. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua DPW FK PKBM Jawa Tengah, HM Isman, dilanjutkan pengukuhan oleh Kepala Dindik Kota Pekalongan Soeroso.

Dalam sambutannya Isman menekankan bahwa tugas dan fungsi FK PKBM harus dipahami oleh pengurus baru, termasuk tujuan dari PKBM sendiri yakni dari, oleh, dan untuk masyarakat. “Keberadaan PKBM sangat diperlukan masyarakat, sehingga para pengurus DPD FK PKBM Kota Pekalongan harus lebih berkarya, berbakti, peduli, serta semakin berkembang,” katanya.

Menurut Isman, hadirnya FK PKBM diharapkan dapat menjadi jembatan penghubung antara pemerintah yakni Dindik dengan anggota FK PKBM. Kehadiran PKBM di tengah masyarakat sangat diharapkan karena semua anak harus sekolah dan tidak boleh ada anak yang tidak bersekolah. “Tugas PKBM berperan dalam penanganan anak putus sekolah. Putus sekolah akan menimbulkan kemiskinan dan kesenjangan pendidikan yang menjadi tangga ekonomi nyata di masyarakat. Jadi pemerataan pendidikan harus diutamakan,” kata Isman.

Sementara itu, Kepala Dindik Kota Pekalongan, Soeroso mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus baru FK PKBM periode 2020-2025, dirinya juga mengucapkan terima kasih dengan kepengurusan lama yang sudah ikut berkontribusi dalam mendukung program-program pemerintah, salah satunya yakni program pengentasan anak tidak sekolah.

“Selama ini PKBM telah berkontribusi membantu kami dalam mengentaskan anak tidak sekolah. Harapannya sinergitas ini terus dilakukan,” kata Soeroso.

Diungkapkan Soeroso bahwa jumlah PKBM di Kota Pekalongan mengalami peningkatan yakni dari 4 menjadi 12 PKBM. Hadirnya forum komunikasi ini sangat penting, mengingat PKBM menjadi salah satu mitra Dindik dalam mendukung program pemerintah. “Semoga ke depannya para pengurus FK PKBM yang baru dapat memotivasi PKBM-PKBM yang ada di Kota Pekalongan untuk lebih meningkatkan mutunya,” kata Soeroso.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini