Kodim 0711/Pemalang-Perhutani MoU Ketahanan Pangan

0
FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Komando Distrik Militer (Kodim) 0711/Pemalang menjalin kerja sama atau MoU dengan Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) mengenai pemanfaatan lahan Perhutani di wilayah Pemalang.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan surat perjanjian kerja sama yang ditanda tangani oleh Letkol Inf Irvan Christian Tarigan SIP M Han, Dandim 0711/Pemalang, dan Akhmad Taufik, Administratur Perum Perhutani Pemalang, di aula Makodim 0711/Pemalang, Jumat 14 Agustus 2020.

“Tujuannya untuk menciptakan ketahanan pangan, dimana di masa pandemi Covid-19 ini memang betul-betul dibutuhkan masyarakat, semua aspek terkena imbasnya. Jadi kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Perhutani yang menyambut baik program kami,” kata Dandim 0711/Pemalang.

Rencananya, lahan seluas ± 32 hektare di RPH Klapanunggal BKPH Bantarsari KPH Pemalang milik Perhutani digunakan sebagai Demplot maupun lahan produktif untuk ditanami jagung, padi, kedelai, cabe dan tanaman lainnya.

“Yang jelas Kodim dan Koramil itu akan terjun langsung, dan kami juga akan memberdayakan masyarakat sekitarnya” terang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan.

Dandim 0711/Pemalang berharap, program itu akan berjalan dengan baik dan hasilnya bisa dirasakan masyarakat sekitar.

Menurut Akhmad Taufik, selain tanaman pangan dan buah-buahan, rencananya lahan itu juga akan disulap menjadi agrowisata dan wisata edukasi.

“Nanti akan kita kembangkan bersama antara hutan dan cagar alam, dan ini nanti akan kita kembangkan bersama Kodim, kita bersama-sama akan mengembangkan itu” tutur Akhmad Taufik.

Usai penandatanganan MoU, rombongan Perhutani kemudian diajak meninjau apotik hidup Persit Kartika Chandra Kirana XXI dan panen ikan lele di kolam budidaya yang berlokasi di belakang Makodim 0711/Pemalang.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini