H-2 Idul Adha, Arus Mudik Masuk Brebes Mulai Padat

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Brebes – Arus lalu-lintas yang masuk tol Brebes maupun jalur Pantura, pada dua hari menjelang libur hari raya Idul Adha, mulai padat.

Arus mudik Idul Adha diprediksi akan terjadi besok pada hari Kamis, sehari menjelang libur. Di Pantura pada Rabu 29 July 2020 siang, arus kendaraan dari arah barat ke arah timur sedikit meningkat meski belum terlalu padat.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Nur Cholifa ditemui saat memantau arus di jalur pantura mengatakan, peningkatan arus arus lalu lintas sudah terjadi meski belum begitu banyak. Paningkatan jumlah kendaraan terutama dari arah barat ke timur.

“Dua hari menjelang Idul Adha memang meningkat tapi masih terlihat landai. Masih bisa ter-handle dan belum banyak. Belum menimbulkan kemacetan,” tutur AKP Putri.

Untuk menganrisipasi terjadinya lonjakan arus mudik, Kasat Lantas menegaskan, sudah menempatkan anggotanya di sejumlah titik. Diantaranya adalah sekitar pusat keramaian, eksit tol baik Pejagan, Brebes Timur dan Brebes Barat.

Selain itu, lanjut Kasat Lantas, pihaknya juga menempatkan petugas di jalur selatan Brebes hingga perbatasan Banyumas.

“Di Pantura kita pantau pasar, kawasan alun alun. Kami tempatkan anggota, bila terjadi trouble akan kami lakukan contra flow. Jalur selatan tidak lepas dari pantauan kami, akan kami siagakan petugas sampai di perbatasan Banyumas,” urai Kasat Lantas.

Sementara, di jalur tol Pejagan Pemalang, terjadi peningkatan sejak hari Selasa kemarin. Data yang ada, kendaraan yang melintas di ruas Pejagan Pemalang Tol Road pada Selasa kemarin sebanyak 17.800 kendaraan.

Dibanding tahun lalu, jumlah ini mengalami peningkatan. Dimana pada dua hari menjelang Idul Adha tahun sebelumnya jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 17.250 mobil.

Diprediksi oleh Ian Dwinanto, akan terus terjadi lonjakan arus hingga besok Kamis. Jika mengacu pada tahun lalu, maka jumlah pemudik pada H-1 diprediksi ada 27.600 unit kendaraan.

“Tahun ini sedikit lebih banyak. Dimana tahun kemarin pada dua hari jelang Idul Adha, jumlah kendaraan yang melintas di tol sebanyak 17.250. Hari ini dua hari jelang libur Idul Adha ada 17.800 kendaraan, jadi naik jumlahnya,” ungkap Kepala Cabang PPTR, Ian Dwinanto.

Mengantisipasi kerumunan di resr area, PPTR akan menerapkan protokol kesehatan bagi bagi pemudik. Salah satunya dengan cara pembatasan jumlah kendaraan yang masuk ke rest area.

Kontributor : Fahri Latief
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan