TPI Nyamplungsari, Pemalang, Resmi Dibuka

0
FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bupati Pemalang, H Junaedi hari ini, Jumat 10 Juli 2020 meresmikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) baru di Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan, Pemalang.

“Dengan mengucap Bismillahirromanirrohim TPI Nyamplungsari saya nyatakan diresmikan. Semoga Allah SWT meridhoi semua upaya kita dalam mendukung pembangunan Kabupaten Pemalang,” kata Junaedi.

Pada kesempatan itu, Junaedi kembali mengingatkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Kami harap dengan adanya TPI Nyamplungsari ini bisa memberikan kontribusi positif terutama dalam sektor perekonomian wilayah pesisir Pemalang. Untuk itu tentunya menjadi kewajiban bersama untuk menjaga keberlangsungannya, “ungkapnya.

Keberadaan TPI di Nyamplungsari memang sudah diimpikan oleh masyarakat setempat. Sebagai wilayah perikanan, warga nelayan sekitar sebelumnya harus menjual hasil tangkapan ke pengepul atau ke TPI di daerah lain.

“Ini sebagai sentra jual beli ikan baik melalui lelang atau mekanisme jual beli lainnya. Kiranya keberadaan TPI ini dapat membantu nelayan memasarkan hasil budidaya/tangkapannya. Dan sebaliknya pembeli juga akan semakin mudah mendapatkan pasokan ikan segar, ” ujar Junaedi.

TPI Nyamplungsari dibangun sejak beberapa tahun yang lalu, namun baru selesai Desember 2019. Secara resmi akan diujicoba melakukan pelelangan dalam waktu dekat ini.

Hadir dalam agenda tersebut Forum Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda) Pemalang, Sekda Pemalang, Kepala dinas Perikanan Kabupaten Pemalang, Kepala Desa Nyamplungsari, dan pengelola KUD Kecamatan Petarukan.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini