Satu Keluarga di Bumiayu, Brebes, Positif Covid-19

0
ILUSTRASI.NET

PUSKAPIK.COM, Brebes – Di ruang isolasi RSUD Bumiayu, Brebes, kini dirawat empat orang yang masih satu keluarga dan dinyatakan dinyatakan positif Covid-19.

Mereka dinyatakan positif setelah menjalani swab sebanyak dua kali. Empat orang yang dinyatakan positif COVID-19 ini merupakan warga Bumiayu. Mereka masing masing SR (52) dan tiga anak yakni H (29), Y (20) dan M (23).

“Empat orang positif masih satu keluarga terdiri dari wanita 52 tahun dan tiga anaknya. Uji swab menunjukan hasil positif,” kata dr Ali Budiarto, Kepala BLUD Puskesmas Bumiayu, Selasa 7 Juli 2020 siang.

Kasus Covid-19 yang dialami keluarga ini mencuat bermula saat H, anak dari SR hendak kembali ke Makassar. Salah satu persyaratannya adalah mengantongi hasil rapid test negatif.

“H dan suaminya A adalah warga Bumiayu dan kerja di Makassar. Sebelum lebaran H pulang ke Bumiayu untuk menengok SR (ibunya). Setelah lebaran berlalu, A (suami R) datang ke Bumiayu menjemput H untuk kembali ke Makassar. Nah syarat untuk bisa ke sana harus ada hasil rapid test,” kata Ali Budiarto.

Untuk keperluan perjalanan itu, H dan suami memeriksakan diri di RS Siti Aminah. Hasil test cepat ini menunjukkan hasil darah H reaktif. Untuk memastikan hasil rapid test, H bahkan memeriksakan ulang dengan metode PCR di RS Pertamina Cilacap. Lagi lagi hasilnya dinyatakan positif.

“Hasil ini kemudian ditindaklanjuti. RS Pertamina melaporkan ke Dinkes Cilacap dan diteruskan ke Dinkes Brebes. Pasien R ini kemudian diisolasi di RSUD Bumiayu,” sambung Ali.

Sebagai tindak lanjut, Dinas melakukan tracking terhadap orang orang terdekat H. Ada 7 orang yang diperiksa menggunakan rapid test dan dinyatakan positif sebanyak 3 orang.

“Mereka kemudian ditest swabnya di RSUD Bumiayu. Hasilnya sudah keluar. Tiga orang terdekat H positif. Yaitu ibunya SR, dan dua adiknya masing masing Y dan M. Untuk A suami H swab 1 dan 2 hasil negatif. Y swab 1 dan 2 hasil positif, SR swab 1 dan 2 hasil positif dan M swab 1 hasil negatip, swab 2 hasil positif,” ungkap Ali.

Dengan bertambahnya empat pasien positif Covid-19 ini, maka jumlah seluruhnya di Kabupaten Brebes menjadi 42 orang.

Kontributor : Fahri Latief
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini