Hari Ini, Terakhir Daftar Ulang PPDB SMPN di Pemalang

Tempat Pendaftaran Ulang SMPN 7 Pemalang. FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Sejumlah Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) Negeri di Pemalang hari ini, Rabu 1 Juli 2020 sudah memasuki hari terakhir pendaftaran ulang untuk calon peserta didik baru tahun 2020.

Di SMP N 7 Pemalang, menurut ketua panitia PPDB SMP N 7, Ikhsan Adi Uripto, proses PPDB di tengah pandemi tahun ini tidak seperti biasanya terutama dalam hal pendaftaran ulang.

“Selain pelaksanaanya melalui online waktunya juga lebih lama,” ujarnya.

Ikhsan juga menegaskan, pada tahap daftar ulang tidak dipungut biaya sama sekali. Hanya dia mengakui, pihak sekolah menawarkan kepada orang tua calon siswa terkait kebutuhan seragam dan atribut sekolah bisa membeli di koperasi sekolah.

“Dan kalau yang kita sediakan dan tidak ada di luar hanya kaos olahraga, karena kalau kaos olahraga kan seragam, itu disediakan pihak sekolah,” ungkapnya.

Tahun ini SMP N 7 membuka pendaftaran peserta didik baru dengan kuota 288 siswa, terdiri dari zonasi 65 persen, Afirmasi 15 persen, dan prestasi 15 persen, mutasi 5 persen.

“Selain itu kita juga ada yang namanya inklusi yakni bagi siswa yang mempunyai kebutuhan khusus per kelas 1 siswa kuotanya per kelas, ” kata Ikhsan.

Di SMP N 2 dan SMP N 4 hari ini juga memasuki hari terakhir proses pendaftaran ulang bagi calon peserta didik baru.

Ketua panitia PPDB SMP N 4, Abdul Latif, mengatakan hal yang sama. Pada intinya pendaftaran ulang tidak dipungut biaya.

“Untuk kuota penerimaan tahun ini SMP N 4 sebanyak 310 siswa, dan ada 2 siswa yang belum mendaftarkan ulang, ya kami tunggu sampai jam 14.00 hari ini. Jika tidak mendaftar kita anggap mengundurkan diri, ” ujarnya.

Sedangkan Kepala SMP N 2 Pemalang, Tridoyo Basuki mengakui pihak koperasi sekolah membantu dalam hal penyediaan seragam tetapi memang tidak diwajibkan.

Info yang didapat puskapik.com dari salah satu orang tua calon siswa yang tidak mau disebutkan namanya mengakui memang ada penawaran dari pihak sekolah terkait seragam.

Rinciannya sebagai berikut, 2 stel sragam putih biru, 1 stel seragam pramuka, 1 stel seragam olahraga, 1 rompi, dan atribut yang dihargai sebesar Rp 795 ribu.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrokhman

Tinggalkan Balasan