Posyandu Lansia MELATI Siap Menjadi Yang Tergiat Di Jateng

0

PEMALANG (PuskAPIK) – Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) Lansia MELATI desa Pecangakan kecamatan Comal kabupaten Pemalang menyambut tim evaluasi lomba Posyandu Lansia tingkat Provinsi Jawa Tengah, Selasa (17/07).

Hadir dalam kegiatan tersebut tim evaluasi lomba posyandu lansia tingkat propinsi Jawa Tengah, bupati Pemalang H. Junaedi yang diwakili Asisten II Sekda kabupaten Pemalang Dr. Drs. Supaat, M.Pd., wakil ketua I TP PKK kabupaten Pemalang hj. Sulistiyowat Martono beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pemalang dr. Erna, para OPD terkait, Forum Pemalang Sehat, Mupika Comal, TP PKK kecamatan Comal, Puskesmas Purwoharjo kecamatan Comal, kepala. desa Pecangakan kecamatan Comal beserta perangkatnya, TP PKK desa Pecangakan, Poyandu Lansia MELATI desa Pecangakan beserta anggota lansia, kepala desa se-kecamatan Comal, tokoh masyarakat dan agama serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut diawali dengan penampilan senam Lansia dilanjutkan dengan senam cerdik, yang dibawakan oleh ibu-ibu anggota posyandu Lansia Melati desa Pecangakan.

Pada kesempatan tersebut, bupati Pemalang H. Junaedi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II sekda kabupaten Pemalang Dr. Drs. supaat, M.Pd., menyampaikan selamat datang kepada segenap Tim Penilai Lomba Posyandu Lansia Tingkat Provinsi Jawa Tengah atas kunjunganya di Kabupaten Pemalang. Bupati berharap kehadiran Tim tersebut dapat semakin meningkatkan motivasi dalam upaya mewujudkan lansia yang sehat., mandiri dan prroduktif di Kabupaten Pemalang.

Bupati juga menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Kabupaten Pemalang yang masuk kedalam 6 (enam) besar Pelaksana Posyandu Lansia Tergiat Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Peringatan HLUN Lansia Tahun 2018 sehingga hari ini dapat dilaksanakan evaluasi dan penilaian lapangan oleh Tim Evaluasi Provinsi.

Sebelumnya, dilaporkan oleh Ketua Posyandu Lansia Melati Desa Pecangakan, Suciati (62 ) yang menyampaikan, bahwa pada tahun 2010 Posyandu Lansia Melati Desa Pecangakan, pernah menjadi juara I lomba senam poco-poco tingkat Kabupaten Pemalang, menyusul tahun 2012 meraih juara III lomba Paduan Suara tingkat Kecamatan Comal.

Sementara tahun 2013 Posyandu yang berdiri tahun 2010 tersebut telah berhasil menyabet juara II lomba Tari tradisional tingkat Kabupaten Pemalang, dan pada tahun 2017 sukses menjadi juara II Lomba Masak ikan tingkat Kecamatan. Tahun 2018 Juara I Posyandu lansia tingkat Kecamatan Comal dan ditahun yang sama pula berhasil sebagai Juara I lomba Posyandu Lansia di tingkat Kabupaten Pemalang.

Masih dalam laporanya, Suciati menjelaskan bahwa jumlah dan tingkat usia para lansia yang tergabung dalam Posyandu Lansia Melati Desa Pecangakan cukup bervariatif. 34 orang berusia antara 45-59 tahun, 38 orang berusia antara 60-69 tahun dan 16 orang lainya merupakan lansia resiko tinggi.

Dalam posyandu lansia tersebut juga dilakukan beberapa kegiatan ekonomi kreatif yang dikerjakan oleh para lansia. Beberapa hasil produkainya antara lain Karya seni Pembuatan wayang golek, Sapu lidi, Pupuk organik, dan sejumlah kuliner berupa Sagon, Kue semprong juga Jamu tradisional. Suciati berharap dalam penilaian yang dilakukan oleh tim evaluasi provinsi Posyandu lansia Melati Desa Pecangakan dapat menjadi juara I.

Selain itu, Suciati juga mengajak kepada seluruh anggotanya agar senantiasa meningkatkan drajat kesehatan dan dapat menjadi lansia yang poroduktif serta mandiri sehingga dapat mewujudkan lansia sejahtera masyarakat bahagia.

Dalam pelaksanaan evaluasi tersebut, Tim evaluasi tingkat provinsi Jawa Tengah melakukan verifikasi dengan melihat semua buku administrasi posyandu Lansia Melati, kegiatan posyandu dan lain sebagainya. (red)