Sosialisasi Tahapan Pilwalkot, KPU Kota Pekalongan Rangkul Media

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan menggelar Sosialisasi Lanjutan Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan 2020, dengan mengundang awak media baik online, cetak, dan TV serta instansi terkait di Aula Kantor KPU setempat.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Ketua KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada Thoha. Dia mengungkapkan, media mempunyai peran sangat penting dalam menyukseskan pelaksanaan Pilwalkot Pekalongan 2020, 9 Desember 2020 melalui penyebarluasan informasi dan pemberitaan yang bersifat netral.

Setelah sempat tertunda selama kurang lebih 3 bulan akibat pandemi Covid-19, KPU Kota Pekalongan kembali melanjutkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Keputusan tersebut menyusul ditetapkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan, progam dan jadwal Pilkada 2020, sebagai perubahan dari PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pilkada 2020.

“Sosialisasi ini adalah awal untuk menandai dimulainya kembali tahapan Pilkada 2020. Begitu pula dengan pelaksanaan rakor dan sosialisasi, dilakukan dengan standar protokol kesehatan Covid-19. Tahapan lanjutan ini dimulai dengan melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 15 Juni kemarin. Disamping itu, KPU juga mengaktifkan kembali anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Sekretariat PPK masing-masing kecamatan serta melanjutkan tahapan-tahapan pilkada yang sempat tertunda,” tutur Rahmi, Selasa 23 Juni 2020.

Menurut Rahmi, dalam era new normal ini, tahapan lanjutan pilkada akan jadi awal adaptasi baru, baik dari penyelenggara dan semua pihak dalam memasuki era kenormalan baru pada masa pandemi Covid-19 ini.

Semua tahapan Pilkada Kota Pekalongan juga akan dilakukan dengan standar protokol Covid-19. Sehingga, KPU Kota Pekalongan mengusulkan penambahan anggaran Pilkada sebesar Rp 3 M. Anggaran itu digunakan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) guna pencegahan penyebaran Covid-19 selama Pemilihan Walikota dan Wakil Wakil Walikota Pekalongan tahun 2020 pada 9 Desember mendatang berlangsung.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan