Server PPDB Online Bermasalah, Calon Siswa Baru Terpaksa Mendaftar Manual

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Batang – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online bermasalah, berdampak ke calon ssiwa baru kesulitan untuk mencari sekolah lanjutan. Akibatnya calon siswa mendaftar dengan cara manual. Pihak sekolah memberlakukan tindakan tegas dengan menolak calon peserta didik baru, jika tidak melengkapi standar protokol kesehatan.

Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kandeman, Batang, Jumat 19 Juni 2020, calon peserta didik baru harus melewati aturan pemeriksaan yang ketat oleh petugas dengan berpakaian protokol kesehatan.

Mereka melakukan pemeriksaan suhu badan, cuci tangan hingga terpaksa menolak calon siswa baru yang tidak bermasker atau tidak melengkapi protokol kesehatan.

Sejumlah siswa mengatakan, sebelumnya pada hari pertama PPDB sudah secara online, namun trobel. “ Kemarin trobel tidak bisa mendaftar online. Akhirnya ini terpaksa datang langsung dibantu panitia,” kata Afandi calon siswa baru, Jum’at 19 Juni 2020.

Para calon peserta didik baru yang sudah lolos pemeriksaan, langsung berkumpul di aula untuk menerima sosialisasi tata cara pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran di media kertas. Setelah mengisi formulir dengan hasil nilai sesuai kemampuan para siswa bisa menentukan langsung untuk memilih salah satu dari 7 jurusan yang ada, kemudian dilanjutkan dengan ke laborotorium komputer.

Di lab komputer para calon peserta didik baru tersebut tidak langsung memasukan data berkas pendaftaran secara mandiri. Mereka tetap dengan cara manual atau dibantu oleh panitia dalam menginput berkas masing-masing calon siswa baru. Para calon peseta didik baru tersebut hanya duduk dan menunggu di teras laboratorium.

Kepala Sekolah SMK N 1 Kandeman, Suyanta menjelaskan. saat pendaftara server terjadi trobel dan itu terjadi se- Provinsi Jawa Tengah. “ Terjadi masalah se Jawa Tengah, sehingga dengan terpaksa yang sebelumnya sudah login namun belum berhasil pada hari ini haru datang ke sekolah guna melakukan pendaftaran secara off line,” jelas Suyanta.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini