Dibuka Kembali Hari Ini, Stasiun Pemalang Masih Sepi Penumpang

Depan Stasiun Pemalang, Jawa Tengah. FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Stasiun Kereta Api Pemalang per hari ini, Jumat 12 Juni 2020, sudah membuka 2 rute pemberangkatan kereta lokal Kaligung tujuan Tegal – Semarang Poncol setelah stop operasi karena pandemi Covid-19.

Kendati demikian rupanya untuk penumpang masih relatif sepi. Dari data tiketing pihak stasiun hanya memberangkatkan 16 penumpang dari kapasitas maksimum 420 penumpang untuk pemberangkatan pukul 05.30 pagi ini.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiantoro, mengatakan, sepinya penumpang dikarenakan sudah lama tidak beroperasi dan informasi dimungkinkan belum sepenuhnya tersampaikan kepada seluruh masyarakat.

“Kami optimistis kereta api akan kembali menjadi menjadi alternatif moda transportasi yang nyaman dan aman,” katanya.

Krisbiantoeo juga mengimbau kepada penumpang untuk tidak lupa mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan di lingkungan stasiun.

Dibukanya kembali rute perjalanan KA reguler ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

“Terdapat 14 KA jarak jauh dan 23 KA lokal yang dijalankan kembali mulai 12 Juni 2020, salah satunya Kereta api Kaligung dengan rute Tegal-Semarang Poncol,” ujar Krisbiantoro.

Untuk pembelian tiket, penumpang dapat memesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Pada tahap awal, KAI hanya menjual tiket 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Tujuannya untuk menjaga jarak antar penumpang selama dalam perjalanan. Khusus bagi penumpang dengan usia di atas 50 tahun, petugas akan mengatur tempat duduknya saat dalam perjalanan sehingga tidak bersebelahan dengan penumpang lain.

Khusus untuk perjalanan KA jarak jauh penumpang diharuskan mengenakan face shield yang disediakan oleh KAI selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan