Kebocoran Cukup Tinggi, PDAM Pemalang Ganti Jaringan Lama

FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mulia Pemalang berencana mengganti jaringan pipa lama di sejumlah titik wilayah Kabupaten Pemalang. Penggantian dilakukan untuk mengatasi kebocoran yang cukup besar pada jaringan pipa lama.

Direktur Utama PDAM Tirta Mulai Pemalang, Slamet Efendi dalam keterangan pers kepada puskapik.com, Rabu 10 Juni 2020, menyatakan pergantian pipa lama dilakukan untuk memberi pelayanan maksimal kepada pelanggan air bersih di Kota Ikhlas.

Pergantian pipa lama dengan jaringan pipa baru jelas Slamet, dipastikan bakal dirampungkan secepatnya. “Penggantian pipa cukup mendesak, sebab pada jaringan pipa lama sering terjadi kebocoran, terutama pada saat tekanan air sedang tinggi,” ungkapnya.

Slamet memperkirakan, tingkat kebocoran pada jaringan lama telah menyentuh angka diatas 30 persen. “Kondisi ini tentunya tidak baik. Dengan adanya penggantian jaringan, diharapkan dapat menekan angka kebocoran tersebut,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, untuk sementara jaringan pipa lama yang diganti pada jalur tersebut, dimaksimalkan di wilayah perkotaan yakni Kecamatan Pemalang dan Taman. Setelah diganti, lanjut dia, jaringan pipa yang baru tersebut nantinya akan disambungkan ke jaringan pipa yang lama.

Selain jaringan pipa pada jalur perkotaan, PDAM katanya, juga berencana akan mengganti jaringan pipa lama yang ada di wilayah kecamayan lain. Ia berharap jaringan pipa lainnya yang sudah sangat lama ke depan dapat diganti semua dengan yang baru, sehingga pelayanan pemenuhan kebutuhan pelanggan dapat lebih baik.

Penulis : Dedi Muhsoni
Editor : Heru Kundhimiarso

Iklan

Tinggalkan Balasan