Pemkab Batang Siapkan Penghargaan Kampung Siaga Covid-19 Terbaik

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Batang – Menuju kenormalan baru atau new normal, Pemkab Batang mengapresiasi langkah Polres Batang yang bentuk kampung siaga Covid-19.

“Saya apresiasi Polres Batang yang menginisiasi Kampung Siaga Covid-19. Pemkab melombakan dan memberikan reward bagi desa terbaik,” kata Bupati Batang, Wihaji, Kamis 4 Juni 2020, usai meresmikan Kampung Siaga di Desa Kepuh, Kecamatan Limpung.

Menurut Wihaji, benteng yang paling tepat saat ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah memberdayakan masyarakat desa, karena desa memiliki kekuatan gotong-royong lebih kuat.

“Tinggal kita memikirkan stimulus dan pengelolannya, peran aktif dari warga. Desa agar didorong untuk membentuk desa siaga,” kata Wihaji.

Sementara Kapolres Batang AKBP Abdul Waras, mengatakan, tujuan Kampung Siaga Covid-19 untuk menanamkan semangat pencegahan di level desa. Karena desa adalah kekuatan dasar kita dalam berperan aktif.

“Harapan saya masyarakat ikut aktif cegah penyebaran. Karena tanpa peran aktif masyarakat upaya pemerintah akan sia-sia,” kata Kapolres Batang.

Polres Batang melalui Polsek dan Babhinkamtibmas sudah membentuk kampung siaga Covid-19 di 12 Polsek di 15 kecamatan dengan 25 desa.

“Kampung Siaga ada posko Covid-19 yang dijaga relawan 24 jam di pintu masuk desa, sarana portal agar keluar masuknya warga bisa diketahui, alat cek suhu badan,” ujarnya.

Dijelaskan Abdul Waras, Posko Covid -19 di desa langkah mendisiplinkan warga, karena para relawan menegur warga keluar rumah yang tidak sesuai protokol kesehatan, seperti mewajibkan pakai masker dan cuci tangan.

Abdul Waras juga menambahkan, kampung siaga Covid-19 sebaai langkah bersama untuk memasuki new normal dengan kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada perilaku hidup bersih dan sehat.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini