Setelah Jam Malam Sukses, Pemalang Segera New Normal

FOTO/ILUSTRASI/PUSKAPIK/CANDRA SUCIAWAN
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, PemalangNew normal atau kenormalan baru setelah pandemi virus Corona akan segera diberlakukan setelah aturan jam malam diberlakukan oleh Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pemalang. Dengan catatan, masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Bupati Pemalang H Junaedi, sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemalang, Rabu 3 Juni 2020, mengungkapkan, kenormalan baru atau new normal pasca pandemi corona segera diberlakukan.

Menurutnya, untuk menuju new normal ada tahapan tertentu yang harus dilalui, yaitu masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan dan aturan jam malam.

Dari analisa bersama dan terjun langsung ke masyarakat, warga terlihat sudah patuh khusunya aturan jam malam yang tidak boleh beraktivitas mulai pukul 21.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB. Bahkan Junaedi mengklaim lebih dari 90 persen warga Pemalang, patuh aturan tersebut.

“Jika masyarakat tetap mematuhi aturan itu, maka new normal akan segera dirasakan pemerintah pasca-pandemi ini, tentu harus mematuhi protokol kesehatan dengan jaga jarak, cuci tangan dengan sabun dan tetap memakai masker,” kata Junaedi.

Dalam menyambut new normal itu, kata bupati, harus ada ketentuan, selain prokes untuk warga, juga wajib dilakukan pelaku usaha seperti Toserba dan mal. Di tempat itu wajib menyediakan sarana dan prasarana seperti pembatasan konsumen, tempat antrean pembayaran yang diatur jaga jarak.

“Pelaku usaha harus tahu berapa luas bangunan tempat usahanya dan kapasitas orang jika ditentukan dalam protokol kesehatan. Selain itu juga dipersiapakan tempat tempat ibadah untuk tetap mengedepankan sosial dan physical distancing,” kata bupati.

Junaedi menambahkan, nantinya, pelaku usaha seperti wisata dan hiburan yang hingga kini masih di tutup bisa dibuka kembali dengan catatan wajib mematuhi anjuran pemerintah, protokol kesehatan.

Penulis : Dedi Muhsoni
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan