Bersiap New Normal, Pemkot Pekalongan Tekankan Protokol Kesehatan

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan menyiapkan fase normal baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19.

Pemkot tengah mengkaji dan membedah ketentuan new normal di berbagai sektor. Wakil Walikota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid bersama Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih, para asisten, dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Pekalongan menggelar koordinasi persiapan kenormalan baru di Ruang Kresna Setda Kota Pekalongan, Rabu 3 Juni 2020.

“Ini masih kita bedah ketentuan new normal di setiap sektor. Mungkin di Kota Pekalongan ini ada beberapa sektor yang langsung bisa menyesuaikan new normal dan ada sektor yang masih perlu pembahasan dan tindak lanjut,” tutur Afzan.

Menurut Afzan, new normal ini prinsipnya kebiasaan aktivitas sehari-hari tetapi dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan agar tetap mencegah penularan Covid-19. Afzan berharap kasus Covid-19 tidak ada lagi di Kota Pekalongan.

“Poin-poinnya sudah kita bedah satu-satu. Jadi memang tadi ada beberapa sektor yang langsung bisa menerapkan dan beberapa sektor yang memang perlu transisi atau penyesuaian. Mudah-mudahan secepatnya diterapkan, tetapi yang penting adalah pengertian ke masyarakat tentang new normal,” kata Afzan.

Sebagian masyarakat masih menganggap new normal itu kegiatan kembali seperti semula, sebetulnya tidak. Afzan menekankan bahwa new normal bukan sekadar kegiatan kembali seperti semula tetapi protokol kesehatan selalu diutamakan di semua sektor.

“Misal di mall atau di pasar bisa seperti semula tetapi tetap jaga jarak, antre, tes suhu tubuh di pintu masuk, dan sebagainya. Kalaupun protokol kesehatan tidak bisa diterapkan ya kembali lagi tidak bisa new normal,” tegas Afzan.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini