Kabar Baik, Pasien Covid-19 Asal Brebes yang Kabur, Sembuh

FOTO/PUSKA[IK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Pasien positif corona (Covid-19) sempat kabur dari rumah sakit di Kemayoran Jakarta dan mudik ke Brebes, dinyatakan sembuh. Pria berinisial S (44) warga Desa Sengon, Kecamatan Tanjung, Brebes itu, Minggu 31 Mei 2020, dipulangkan ke rumah.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Tanjung, drg Adhi Supriadi saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Pasien S, kata Adhi sudah dlpulang ke keluarga pada Sabtu kemarin.

“Pulang sejak kemarin (Sabtu) siang. Dia sudah dinyatakan sembuh setelah dua kali test swabnya negatif,” kata Adhi, Minggu 31 Mei 2020 siang.

Adhi Supriyadi menambahkan, meski sudah dinyatakan sembuh, namun masih ada orang orang yang sempat terlibat kontak dan masih dalam masa pemantauan. Mereka adalah keluarga inti dan beberapa warga Desa Sengon lain.

“Kemarin yang menjalani rapid test adalah orang yang sempat terlibat kontak dengan S. Mereka belum selesai masa pemantauan karena perlu di test rapid kembali,” ujar Adhi.

Wadir Pelayanan RSUD Brebes, dr Rasipin menjelaskan,
pasien ini diambil sampel swabnya pada Rabu dan Kamis tanggal 28 dan 29 Mei lalu. Hasilnya sudah keluar kemarin, dan keduanya negatif.

“Kriterianya dua kali berturut-turut dengan hasil negatif. Kemarin dari RSUD sudah dibuatkan surat keterangan sembuh untuk Tn. S,” terang Rasipin.

Seperti diberitakan sebelumnya, pria berinisial S (44) dilaporkan kabur saat menjalani perawatan di rumah sakit Kemayoran Jakarta pada 20 Mei lalu. Pria yang sehari hari bekerja sebagai pedagang ini tiba di rumah 22 Mei lalu pukul 07.00 WIB.

Saat kabur, pasien itu berstatus PDP di salah satu RSU di Kemayoran dan tinggal menunggu hasil swab. Hasil swab dari RSU Kemayoran kemudian keluar pada 23 Mei 2020 dengan hasil positif

Dari kererangan yang diperoleh petugas,
tiga hari sejak kedatangan di rumah keluarga, pria berinisial S ini tidak melapor ke petugas gugus tugas desa setempat. Bahkan, S ini sempat berkeliaran kemana-mana.

Kontributor : Pedro
Editor : Amin Nurrokhman

Tinggalkan Balasan