Rapid Test Acak di Pasar Winduaji, Brebes, 3 Pedagang Reaktif

FOTO/ILUSTRASI/PUSKAPIK/ISTIMEWA/CANDRA SUCIAWAN
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Brebes – Sebanyak 3 orang pengunjung Pasar Winduaji, Paguyangan, Brebes, reaktif setelah di-rapid test Covid-19 oleh Dinas Kesehatan Brebes, Jumat 29 Mei 2020.

Pemeriksaan rapid test ini merupakan lanjutan dari pemeriksaan hari kemarin di wilayah Brebes selatan. Petugas mengambil sampel darah 40 orang yang terdiri dari pedagang dan pengunjung pasar. Pengambilan sampel ini juga dilakukan secara acak.

“Sampel yang diambil ada 40 orang secara acak. Baik pedagang maupun warga yang mengunjungi pasar,” kata dr Sartono, Kepala Dinas Kesehatan Brebes.

Dari sampel darah yang diperiksa, petugas menemukan 3 yang menunjukkan hasil reaktif (positif) rapid test. Tiga sampel darah yang reaktif ini merupakan milik para pedagang pasar. Dua warga Brebes dan satu warga Banyumas.

“Dari 40 sampel yang kami periksa, 37 hasilnya negatif, tiga menunjukkan hasil reaktif rapid test. Satu sampel dari tiga orang yang positif rapid test ini adalah warga Banyumas,” sambung Sartono.

Petugas imbuh Sartono akan melakukan tracking terhadap mereka yang positif rapid test. Ini untuk mengetahui transmisi virus yang menulari para pedagang ini. Selanjutnya, mereka akan diambil sampel swab.

Sehari sebelumnya, Dinas Kesehatan Brebes melakukan pemeriksaan rapid test di delapan lokasi. Masing masing empat pasar tradisional dan empat mal. Hasil rapid test pada hari kemarin, 6 orang pengunjung Mal Jadibaru Bumiayu dinyatakan reaktif.

Kontributor : Pedro
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan