Kawasan Industri Brebes Dipersiapkan untuk Relokasi Pabrik Farmasi AS

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Kawasan Industri Brebes (KIB) menjadi salah satu tempat yang dipersiapkan untuk pembangunan pabrik-pabrik alat kesehatan (Alkes) milik pengusaha Amerika Serikat, yang akan direlokasi dari China ke Indonesia. Hal itu dikatakan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang.

“Kalau khusus pabrik farmasi, memang kebutuhan yang disampaikan kepada kami, mereka ingin merelokasi dari China untuk mengembangkan di Pulau Jawa. Tentu saja berkaitan itu, Brebes menjadi salah satu tempat yang sangat masuk akal untuk kita arahkan masuk ke Brebes,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang di sela-sela tinjauannya di KIB, Jumat 29 Mei 2020.

Terkait hal itu, kata dia, pihaknya datang ke Brebes untuk mengecek langsung sejauh mana kesiapan KIB. Selain itu, untuk menjadi dasar dalam mengambil langkah strategis, termasuk melakukan pembahasan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Pihaknya juga akan terus mendorong kebutuhan yang diperlukan agar KIB ini benar-benar siap. “Sehingga, pabrik-pabrik yang akan relokasi bisa cepat masuk ke KIB,” katanya.

Menurut dia, pihaknya juga mengecek kesiapan pabrik yang sudah beroperasi di KIB, terkait protokol kesehatan yang diterapkan. Salah satunya di Pabrik Garmen milik PT Daehan Global. Apalagi, perusahaan itu market utamannya berada di AS.

“Tadi sempat kami cek langsung, dan protokol kesehatan sudah diterapkan di perusahaan ini. Artinya, ini bisa meyakinkan market jika kita sudah menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, keberadaan KIB itu bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. Bahkan, di Jawa Tengah dengan adanya KIB ditargetkan pertumbuhan ekonominya bisa mencapai 7 persen.

“Salah satu kunci terget ini bisa dicapai, dengan pembangunan industri manufaktur di dalamnya. Untuk itu, kita perlu mempersiapkan industri manufaktur di Jawa Tengah tumbuh dengan baik,” paparnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang melakukan peninjauan ke Kawasan Industri Brebes (KIB), Jumat 29 Mei 2020. Rombongan tiba ke Brebes dengan mengunakan heli, dan mendarat di lapangan Nasmoco Klampok, Brebes.

Kedatangan rombongan menteri disambut Bupati Brebes, Idza Priyanti dan sejumlah Penjabat Pemkab Brebes. Kali pertama Menteri meninjau lokasi KIB di Desa Losari Lor. Di tempat itu, Menteri mendapat penjelasan terkait site plant KIB dari Sekda Pemkab Brebes, Djoko Gunawan.

Usai itu, rombongan menteri melanjutkan kegiatannya dengan meninjau Pabrik Garmen PT Daehan Global di Desa Cimohong, Kecamatan Bulakamba, Brebes. Dalam kegiatannya, Agus Gumiwang mengecek langsung aktivitas produksi pabrik dengan pangsa pasar Amerika Serikat tersebut.

Kontributor : Pedro
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini