Mulai 27 Mei, Jam Malam akan Diberlakukan di Pemalang

FOTO/ILUSTRASI/PUSKAPIK/CANDRA SUCIAWAN

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bupati Pemalang DR H Junaedi SH MM menginformasikan bahwa Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 akan memberlakukan jam malam untuk mencegah penyebaran Virus Corona di Kota Ikhlas.

“Jam malam akan kita mulai pada tanggal 27 Mei 2020. Ini sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 di Pemalang,” kata bupati dalam keterangan pers di Posko Gugus Tugas Covid-19, Senin malam, 18 Mei 2020 .

Bupati menjelaskan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Pemalang terus bertambah. “Pada hari Senin, 18 Mei 2020 ada tambahan pasien positif baru, sehingga totalnya menjadi 28 pasien positif,” jelasnya.

Dari 28 kasus positif tersebut, 22 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh, 5 lainnya masih dirawat dan satu orang meninggal dunia.

Jika jam malam diberlakukan, maka semua kegiatan kemasyarakatan, termasuk kegiatan perekonomian seperti para pedagang kaki lima dan lain sebagainya, hanya diperbolehkan berjualan hingga pukul 21.00 malam. Jam malam akan kembali dibuka pada pukul 04.00 pagi.

“Tim gugus tugas akan melakukan patroli bersama unsur terkait, TNI, Polri dan Satpol PP. Setelah lewat dari pukul 21.00 WIB akan dilakukan patroli oleh tim untuk menertibkan,” imbuh bupati.

Selain memberlakukan jam malam, kata dia, tim gugus tugas juga akan memberlakukan jalur atau area wajib pakai masker. Tim gugus tugas akan memantau dan menertibkan para pengguna jalan yang melewati jalur wajib bermasker. Apabila ada masyarakat yang tidak menggunakan masker, maka tim gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub akan menegur dan mengingatkan.

Bupati berharap masyarakat dapat mematuhi aturan yang ada demi mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Pemalang. Dia juga meminta masyarakat untuk menghindari kerumunan serta tetap berdiam di rumah jika tidak ada yang mendesak.

“Kami juga berharap masyarakat senantiasa meningkatkan kewaspadaan, tetap menjalankan protokol kesehatan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, menjaga kebersihan lingkungan dan sering mencuci tangan,” katanya pula.

Penulis : Heru Kundhimiarso

3 KOMENTAR

  1. Pemberlakuan jam malam disini berlaku dimana untusaja?apakah dikhususkan di Pemalang kota saja, atau seluruh wilayah kabupaten Pemalang? Agar tidak ada kesimpangsiuran informasi. Terima kasih

  2. Kalau untuk mencegah penyebaran covid sih menurut saya pemberlakuan jam malam sebaiknya dilakukan sebelum lebaran, karena puncak aktivitas masyarakat adalah pada saat sesaat sebelum hari raya sampai beberapa hr setelahnya. Kalau tanggal 27 ya sudah sepi lagi. Just my opinion

  3. Bagus lah klo gitu,tapi klo bisa orang yang baru pulang dari Jakarta harus di karantina mandiri tu.jgn seenak pada kluar apa lagi daerah moga masih bnyk yg lalai.sy smpe takut kluar rmh.

Tinggalkan Balasan