Tiga Pencuri Sapi di Pekalongan Dibekuk Polisi

0
Polres Pekalongan membekuk tiga dari empat tersangka kasus pencurian sapi di wilayahnya. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Polres Pekalongan membekuk tiga dari empat tersangka kasus pencurian sapi di wilayahnya. Polisi juga mengamankan barang bukti berupa dua ekor sapi dan kendaraan.

Kepala Polres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, Jumat, 15 Mei 2020 mengatakan, para tersangka telah melakukan pencurian di Kecamatan Petungkriono, Talun, Lebakbarang, dan Paninggaran. “Tiga tersangka tersebut kami bekuk dalam operasi pencegatan bersama Satlantas Polres Semarang di pintu keluar Tol Tingkir, Salatiga pada Kamis (14/5) pagi. Kami mengamankan barang bukti kejahatan, yaitu sapi. Terakhir, tersangka mencuri sapi di wilayah Paninggaran,” katanya.

Menurut Kapolres, dari hasil pemeriksaan sementara, tersangka mengaku melakukan pencurian hewan di lima kali. Dua kali di Kecamatan Lebakbarang dan masing-masing sekali di Petungkriono, Talun, dan Peninggaran.

“Saat ini, kami masih memburu satu tersangka lain yang masih buron. Satu orang pelaku masuk daftar pencarian orang (DPO), semoga secepatnya dapat ditangkap. Tiga tersangka itu adalah W (50), U (31), dan S (35), semuanya warga Kabupaten Wonosobo,” katanya.

Modus kejahatan yang dilakukan kelompok ini adalah sebelum beraksi mereka mengamati atau mengecek lokasi sasaran terlebih dulu, utamanya kandang sapi yang tidak berpengamanan. Selain itu, mereka juga mencari jalan keluar maupun masuk yang tidak diketahui oleh warga dan polisi.

“Biasanya, sebelum melakukan pencurian, para pelaku akan mengecek lokasi pada pagi dan malam hari,” kata Kapolres. “Tiga tersangka akan kami jerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyampaikan, beberapa hari lalu, sejumlah kepala desa menghadap dirinya. Dalam silaturrahmi itu, muncul keluhan tentang maraknya pencurian hewan ternak sapi di desa. Mereka meminta keluhan ini disampaikan kepada Kapolres Pekalongan.

“Kapolres beserta jajarannya bertindak cepat sehingga pada hari ini kita bisa menyaksikan para pelaku sudah ditangkap beserta barang buktinya,” katanya.

Bupati mewakili seluruh masyakat Kabupaten Pekalongan menyampaikan apresiasi kepada Polres Pekalongan, di tengah upaya memerangi virus corona, gangguan keamanan bisa cepat dituntaskan. Hal ini memberikan rasa aman pada masyarakat di tengah-tengah situasi pandemi.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh masyakat Kabupaten Pekalongan dan para kepala desa/Lurah untuk mengaktifkan siskamling, sehingga bisa memberi rasa aman pada lingkungan,” kata Asip Kholbihi.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini