Peduli Covid-19, Begini Lapak Sayuran Gratis MAN 2 Brebes

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Kepedulian bagi warga terdampak pandemi Covid-19, dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat. Tidak ketinggalan juga institusi pendidikan. Seperti yang dilakukan oleh guru-guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Brebes. Satu-satunya MAN di Bumiayu itu menggelar lapak bahan masakan gratis.

Lapak sayuran dan bahan siap masak gratis itu digelar di lingkungan madrasah, di Jalan Raya Laren KM 01 Bumiayu, Brebes. Sehingga banyak warga sekitar dan pengguna jalan yang lewat, bisa mengambil bahan masakan yang digantung itu, secara cuma-cuma.

Kepala MAN 2 Brebes, Drs H Lutfi Hakim MPd, Jumat petang 15 Mei 2020 kepada puskapik.com mengugkapkan, aksi sosial peduli dampak Covid-19 itu, digagas oleh guru-guru madrasahnya, yang bersinergi dengan warga sekitar. “Alhamdulillah, ini partisipasi kami bersama warga sekitar untuk berbagi sembako dan bahan siap masak, bagi warga yang tidak mampu dan membutuhkan,” katanya.

Menurut penggagas aksi, Hj Nur Inayah, bakti sosial itu sudah dimulai sejak 13 Mei lalu. “Kita bikin semacam lapak gratis. Bahan siap masak itu kita gantungkan mirip di pasar. Peminat bisa memilih sayur atau bahan masakan sesuai selera. Sejak dibuka, rata-rata tiap hari ada seratus paket yang diambil oleh warga yang membutuhkan,” tambahnya.

Lapak gratis hasil donasi swadaya guru dan dermawan dari luar madrasah itu, menyediakan beras, mie, telur, minyak , sayuran kangkung, labu, kacang panjang. Ada juga paket sayur asem ditmbah tahu, tempe, bandeng, sarden gula dan teh.

“Opersional lapak tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kami juga membagikan masker kepada warga. Kami sediakan juga air dan sabun untuk cuci tangan dan hand sanitizer. Saya bersama guru lain Bu Amanah, Umi Haati, Nur Aziati, Umi Hadiyawati dan guru lain bergantian bertugas,” pungkas Nur Inayah.

Penulis : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini