Di Pemalang, BLT Dana Desa Mulai Disalurkan

0
FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk warga terdampak pandemic Corona (Covid-19), yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Pemalang, Jumat 15 Mei 2020, mulai disalurkan.

Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Jumat 15 Mei 2020 menyalurkan BLT untuk 318 Kepala Keluarga (KK). Secara simbolis, bantuan diberikan kepada warga di Balai Desa Penggarit, dan selebihnya diantar ke rumah masing-masing untuk mematuhi protokol kesehatan terkait pencegahan Covid-19.

Pemberian bantuan tersebut juga dihadiri camat setempat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes),Tetuko Raharjo.

Kepala Desa Penggarait Imam Wibowo, mengatakan, BLT dana desa diambil dari DD. Untuk BLT diambil 35 persen dari DD Rp 1,6 miliar.

Sasaran BLT, menurut Imam, berdasarkan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) yang mengidentifikasi 318 KK yang berhak mendapatkan manfaat bantuan tunai masing masing KK sebesar Rp 600.000. Bersamaan dengan itu juga dicairkan BLT dari anggaran Kabupaten sebanyak 187 KK masing masing mendapatkan Rp 200.000.

“Bantuan diberikan menggunakan sarana kartu ATM yang bisa dicairkan melalui Bumdes tanpa dipungut biaya,” kata Imam.

Menurutnya, distribusi bantuan tersebut sengaja dilakukan secara bertahap, mengingat harus mematuhi protokol kesehatan mengenai pencegahan virus corona agar tidak berkerumun, jaga jarak, dan selalu cuci tangan dengan sabun. Sehingga dalam penyaluran bantuan diantar langsung oleh petugas relawan ke rumah rumah penerima bantuan tersebut.

“Berharap semua warga yang mendapat bantuan tunai menerima dengan ikhlas karena nilainya belum bisa memenuhi kebutuhan, sedangkan yang tidak menerima jangan memprovokasi yang lain karena anggaran terbatas,” ujarnya.

Dari infografis Desa Penggerait mengenai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdapat 282 KK yang menerima PKH, BPNT non PKH sejumlah 186 KK, BPNT perluasan sejumah 227 KK, BLT dari Kemensos 163 KK, BLT Propinsi 508 KK, BLT Kabupaten 187 KK, dan BLT DD sebanyak 318 KK

Penulis : Dedi Muhsoni
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini