Sulap Pos Ronda Jadi Kios Sayuran Gratis

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Dampak pandemi Covid-19 sangat dirasakan warga, terutama mereka yang penghasilnnya minim dan warga tak mampu. Warga di Perumahan Wirabaru 1, Pekuncen Wiradesa, Pekalongan, menggelar aksi sosial. Mereka membuat pasar darurat gratis untuk warga sekitar dan yang membutuhkan.

Sayuran, cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, ditempatkan pada plastik kecil lalu ditambatkan di pos ronda. Ada juga lauk seperti telur, tahu, tempe, ayam, daging dan ikan yang bisa diambil gratis warga di kampung ini juga siapapun yang membutuhkan.

Makanan lain seperti krupuk, buah, gula, teh, kopi, minyak goreng, tepung dan kebutuhan sehari- hari dipasang setiap pagi hingga sore di pos ronda itu.

“Sayuran dan lauk gratis ini ide awalanya dari warga sekitar, untuk membantu bagi yang terdampak Covid-19. Selama bulan Ramadan ini banyak yang kesulitan kebutuhan sehari hari karena pandemi corona,” kata Yusuf Jaelani, Ketua RT 05 RW 8 Wirabsaru, Pekuncen, Wiradesa, Jumat 15 Mei 2020.

Warga kemudian sedekah suka rela apa saja yang bisa dibagikan ke warga sekitar. “Ada yang memberikan sayuran, buah, makanan, lalu diletakkan di pos ronda ini agar bisa diambil warga lain. Warga juga bisa membantu dengan sistem barter atau tukar barang lain,” ujar Yusuf.

Barang yang dipajang ini sengaja dibuat seperlunya saja, dan jika sudah habis, akan diganti baru. Setiap hari setidaknya menyediakan untuk 50 sampao 100 bungkus senilai Rp 200-500 ribu .

“Pasar gratis ini sudah berjalan sejak lima hari dan sampai sekarang terus berjalan, bahkan mulai banyak yang ikut menjadi donatur. Mereka bisa memberikan barang juga menitipkan uang untuk dibelanjakan dan disiapkan secara gratis,” jelas ketua RT tersebut.

Sejumlah warga yang melintas langsung mengambil dan memilih barang yang diperlukan. Mereka biasanya mengambil seperlunya, misal telur ambil dua, krupuk seplastik, sayuran lengkap dengan bumbu dan lainnya.

“Kami merasa sangat senang dan tertolong. Suami saya pekerjaannya ojek dan saya buruh cuci, saat ini sangat kesulitan. Dengan adanya sayur dan lauk gratis ini tentu sangat membantu dan saya sangat berterimakasih,” ujar Farehah, warga perumahan ini.

Pasar sayur dan lauk gratis juga barter ini akan terus berlangsung hingga akhir Ramadan.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini