Tim Pengabdian Unsoed-Forsa Banyumas Bantu Warga Terdampak Covid-19

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Purwokerto- Merespon masa pandemi Covid-19, berbagai pihak terus bergerak membantu sesama. Tak terkecuali bagi Forum Persaudaraan Lintas Iman (Forsa) Banyumas yang ikut berpartisipasi mendistribusikan bantuan.

Kegiatan yang bertajuk kampanye pencegahan Covid-19 ini hasil kerjasama tim program pengabdian kepada masyarakat Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Program yang digelar di antaranya sosialisasi melalui media streaming radio, pemasangan banner, pembagian bahan makanan dan masker.

“Kampanye pencegahan covid-19 dilakukan melalui siaran streaming radio Rama FM Ajibarang. Media radio dipilih sebagai alternatif jaringan yang mudah diakses oleh masyarakat lokal,” kata ketua tim pengabdian kepada masyarakat Unsoed, Mohamad Riza Chamadi, Rabu 13 Mei 2020.

Riza menjelaskan, kampanye dilakukan pada posko gugus tugas di Beji Kedungbanteng dan Pasir Kidul Karanglewas. Sosialisasi juga disampaikan melalui pemasangan banner, penggunaan masker dan pembagian bahan makanan.

“Secara umum masyarakat telah peduli dengan sadar menggunakan masker. Namun di sisi lain sebagian masyarakat terdampak covid-19 masih membutuhkan bantuan pokok bahan makanan,” terangnya.

Koordinator lapangan, Alfian Ihsan, menyampaikan, masa pandemi perlu disikapi dengan rasa toleran dan kepedulian. Sikap menghargai dan peduli sesama akan memudahkan pencegahan sesuai petunjuk gugus tugas.

Menurutnya, kampanye melalui siaran radio mengajak masyarakat untuk patuh terhadap protokol pencegahan yang berlaku. Banner yang terpasang menghimbau masyarakat agar mematuhi anjuran dan larangan gugus tugas Covid-19.

“Bantuan ini belum bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Upaya penanggulangan pandemi harus terus digelorakan sembari membantu sesama sesuai kapasitas masing-masing,” jelasnya.

Alfian melanjutkan, semua bantuan dikelola secara mandiri dan swadaya dari berbagai pihak. Satu di antaranya Forsa Banyumas menjadi mitra program pengabdian Unsoed yang mengelola kegiatan bersama.

“Tahap pertama telah dilakukan sesuai agenda. Harapannya program kemitraan ini dapat mengedukasi, berdampak positif dan memberi manfaat kepada masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini