Sekda Pemalang: Jaga Silahturahmi, Ora Salaman Tetep Seduluran

0
FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pemalang, Mohammad Arifin, meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, meskipun jumlah pasien positif Corona di Pemalang terus berkurang.

“Kita tetap patuhi anjuran Gugus Tugas Penaganan Covid-19 Pemalang, termasuk maklumat Kapolri dan pemerintah pusat,” kata M Arifin, saat diskusi bersama Radio Swara Widuri yang disiarkan langsung di Gedung Sasana Bakti Setda Kabupaten Palang, Sabtu sore 9 Mei 2020.

Menurut Arifin, di tengah wabah virus corona seperti sekarang ini, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan tetap hati-hati untuk melakukan kegiatan di luar rumah atau berinteraksi dengan orang lain.

“Silahturahmi tidak harus bersalaman, tetapi ora salaman tetap seduluran,” kata Arifin.

Acara bertajuk ‘peduli Covid-19’ kerja bareng Radio Suwara Widuri dan Jurnalis Pemalang ini, juga dihadiri oleh Wakapolres Pemalang Kompol Ari Imam Prasetyo, Dandim 0711 Pemalang, Letkol Info Irvan Christian Tarigan dan dinas terkait.

Dalam kesempatan yang sama, Wakapolres Pemalang, Kompol Ari Imam Prasetyo, mengatakan, selama wabah Covid-19 menyasar di wilayahnya, sudah melakukan pencegahan di antaranya mengimbau masyarakat agar tetap menjaga physical distancing dan cuci tangan dengan sabun.

Selain itu, Wakopolres juga membuat dapur umum untuk membuat nasi bungkus yang dibagikan kepada masyarakat terutama saat berbuka puasa. Menurutnya, sejak 1 Mei 2020 Mako Polres membagikan nasi setiap harinya berjumlah 500 nasi kotak.

“Kami terus melakukan patroli rutin bersama tim gabungan satpol PP dan ormas untuk mencegah kerumunan orang,” ujarnya.

Disinggung mengenai pembebasan bersyarat kepada narapida ditengah pandemi ini, Wakapolres membenarkan adanya 61 narapidana yang dibebaskan bersyarat. Namun demikian polisi terus melakukan pemantauan untuk antisipasi melakukan perbuatan kriminal.

“61 narapidana telah bebas bersyarat, tetapi karena kondisi saat ini ditambah bulan puasa dan menjelang lebaran biasanya tingkat kriminalitas sangat tinggi sehingga mereka para napi yang bebas terus dilakukan pemantauan,” kata Wakapolres.

Penulis : Dedi Muhsoni
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini