Ratusan Warga Geruduk Kantor Dinsos Kota Pekalongan, Ajukan Bansos

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Ratusan warga beramai-ramai mendatangi kantor Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana (Dinsos P2KB), Selasa 5 Mei 2020. Massa menggeruduk kantor di Jalan Wilis itu, untuk mengumpulkan data guna pengajuan bantuan sosial.

Salah seorang warga Kelurahan Pasirkratonkramat, Lestari mengatakan, pihaknya mendatangi kantor Dinsos P2KB untuk mengumpulkan foto copy KTP dan KK.

” Saya ke sini disuruh pak Rt dan kelurahan, untuk mengumpulkan foto copy KTP dan KK. Bantuan apa, kami belum tahu, namun sampai sini hanya diterima dan diminta lapor lagi ke kelurahan,” jelas Lestari.

Ia mengaku informasi itu didapatnya dari RT setempat, namun hingga saat ini Ia belum mengetahui jenis bantuan yang akan didapatkan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinsos P2KB, Budiyanto mengungkapkan, bahwa kedatangan warga beramai-ramai ke kantor dinas disebabkan adanya kesalahpahaman informasi.

” Mereka salah paham mengenai bantuan pangan non tunai atau BPNT yang disalurkan dari bank milik pemerintah. Seharusnya bergiliran dam diwakilkan saja, cukup, namun datang semua sehingga krodit seperti ini,” jelas Budiyanto.

Menurut Budiyanto, sebenarnya untuk pengumpulan data BPNT tersebut, akan diwakili 10 kelurahan, setiap harinya. Namun ternyata mereka mengumpulkan langsung ke kantor Dinsos P2KB.

Dalam BPNT tersebut nantinya masyarakat akan mendapatkan kartu yang bisa digesek di E -Warung, dengan nominal bantuan Rp 200 ribu per bulan, sampai akhir tahun 2020 ini,” lanjut Budiyanto.

Sementara untuk masyarakat yang mendapat BPNT, adalah sebanyak 12.711 KK, yang berasal dari data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini