P2SE Gandeng 23 Kios Salurkan Bantuan Sembako di Tengah Pandemi Covid-19

0
Perwakilan Baznas Pekalongan menyerahkan donasi ke Pekalongan Peduli Sosial Ekonomi (P2SE) di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (22/4/2020) sore. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Pekalongan Peduli Sosial Ekonomi (P2SE) menyiapkan 4.000-5.000 paket sembako di tengah pandemi Covid-19. Penyaluran sembako menggandeng 23 kios yang tersebar di sejumlah wilayah.

“Pada hari ini (kemarin) kami kumpulkan 23 pemilik kios. Sebanyak 13 kios berada di Kecamatan Pekalongan Barat dan 10 kios di Kecamatan Pekalongan Utara. Untuk dia kecamatan lainnya akan dikumpulkan berikutnya,” kata Ketua P2SE, Suryani saat pengumpulan 23 pemilik kios di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (22/4/2020) sore.

Suryani menjelaskan, prinsip yang dikembangkan P2SE adalah memberdayakan usaha kecil menengah (UKM)l agar tetap berdaya di tengah pandemi. “Mitra ini sekaligus menjadi tangan panjang kami dalam memberikan donasi melalui kios. Teknisnya sebanyak 4.000-5.000 voucher yang disertai nama, NIK, No KK, dan waktu pengambilan ini akan ditukarkan dengan paket sembako di kios mitra P2SE,” kata Suryani.

Untuk penyerahan voucher akan diterjunkan relawan, seperti mahasiswa untuk datang dari rumah ke rumah bertemu dengan orang yang sesuai dengan keterangan di voucher. “Sasaran tahap pertama ini yakni sesuai data kemiskinan dari Dinsos-P2KB Kota Pekalongan sejumlah 9.000. Tahap pertama ini baru dapat kita salurkan kepada masyarakat miskin, untuk yang terkena PHK dan sebagainya belum. Kita berupaya untuk transparan dan tepat sasaran,” kata Suryani.

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Machfudz menekankan bahwa dalam pengambilan paket sembako di kios mitra, masyarakat tak boleh berbondong-bondong, tetap jaga jarak sosial. “Kios mitra P2SE juga ikut membina masyarakat, seperti hanya melayani yang mengenakan masker,” kataSaelany.

Menurut Saelany, program P2SE ini sangat luar biasa karena melibatkan pelaku UKM. “Semoga program lainnya dapat menggandeng para bakul. Ketika mengambil paket sembako di kios, masyarakat penerima dapat membeli kebutuhan lainnya di kios tersebut,” kata Saelany.

Dana yang telah diserahkan ke P2SE yakni tahap I, dari ASN Kota Pekalongan Rp200 juta, pengusaha sebanyak Rp100 juta, PT Unggul Jaya sebanyak Rp50 juta, Baznas Kota Pekalongan Rp201.900.000, dari Unikal Rp10 juta, IAIN Pekalongan sebanyak Rp10 juta, UMPP Rp5 juta, Kadin Rp7,5 juta, FH Unikal Rp3 juta, Korpri Unikal Rp2 juta, SMK Muh Pekalongan Rp5 juta, BPR BKK sebanyak Rp10 juta.

Lembaga, pengusaha, perusahaan, masyarakat, dan sebagainya yang ingin ikut berdonasi dapat melalui rekening donasi Bank Jateng 3-007-25700-6 a.n PKL Peduli Sosial Ekonomi.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini