Pemkab Batang Siapkan Langkah Kontingensi Pandemi Covid-19

0
Bupati Batang Wihaji saat memberikan sambutan rapat koordinasi rencana kontingensi penanganan virus corona (Covid-19) di ruang Rupatama Polres Batang, Senin (20/4/2020). FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Batang – Bupati Batang Wihaji mengapresiasi kinerja Kodim dan Polres Batang yang telah melakukan rencana langkah kontingensi pandemi Covid-19.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada TNI/Polri yang selalu di depan dalam Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Batang,” kata Wihaji saat memberikan sambutan rapat koordinasi rencana kontingensi penanganan virus corona (Covid-19) di ruang Rupatama Polres Batang, Senin (20/4/2020).

Wihaji juga berencana membentuk tim relawan di tingkat desa yang bertujuan membantu kinerja Gugus Tugas Covid-19 dan mempercepat penanganan jika terjadi permasalahan di tingkat desa.

“Tim segara relawan di tingkat desa, dengan maksud untuk pemetaan permalasalahan, sehingga mempercepat dan membantu kinerja kita,” katanya.

Kapolres Batang AKBP Abdul Waras mengatakan, sesuai perkembangan, korban Covid-19 setiap hari terus bertambah. Karena itu perlu menyiapkan langkah-langkah kontingensi menyikapi perkembangan penyebaran virus Covid-19.

“Kita harus siap walau pun tidak dibutuhkan. Rencana langkah kontingensi harus dipersiapkan untuk mencegah atau menanggulangi secara lebih baik dalam situasi kritis atau darurat,” kata Abdul Waras.

Ia juga mengatakan, harus ada skenario, tujuan, tindakan teknis, dan manajerial, serta pengerahan potensi sumber daya.

Kodim 0736/Batang yang diwakili Kapten Inf Rusmono menyatakan, kesiapan mendukung pelaksanaan rencana kontingensi.

“Anggota Kodim 0736 Batang selalu siap mendukung pelaksanaan tugas pencegahan penyebaran virus Covid-19. Semoga dengan kebersamaan dalam penanganan virus ini cepat selesai,” katanya.

Sementara itu, Kabagops Polres Batang, AKP Asfauri menilai lebih baik menyiapkan langkah kontingensi terlebih dahulu dan jangan menunggu perubahan situasi.

“Dari Polri sudah merencanakan beberapa langkah, seperti kita sudah membagi 4 rayon dan setiap rayonnya diperkuat personil Polres Batang, Brimob, TNI dan dilengkapi dengan tenaga medis,” katanya.

Ia pun menambahkan stok bahan pokok di Wilayah Kabupaten Batang masih dalam kondisi aman.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini