Pandemi Corona, Lansia di Tegal Dijatah Makanan Gratis

0
Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono menyerahkan Rantang Warteg Eman Lansia, kepada perwakilan Ojol yang akan mengantarkan ke penerima, saat launching program pemberian makanan lansia, di Pendopo Balaikota Tegal, Kamis siang, 9 April 2020.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Pemerintah Kota Tegal melaunching program ‘Rantang Kasih Warteg Eman Lansia’, Kamis siang, 9 April 2020. Program itu adalah pemberian bantuan makanan untuk ratusan warga lanjut usia, khusus untuk warga lanjut usia ber-KTP Kota Tegal.

Kepala Dinas Sosial, Kota Tegal, Dyah Kemala Sinta, mengatakan, tujuan dari program Rantang Kasih Warteg Eman Lansia itu untuk memberikan kebutuhan dasar pangan lansia telantar agar terpenuhi kebutuhan gizi.

“Yang dimaksud Lansia telantar bukan berarti yang lepas di jalan, melainkan lansia yang hidup kurang sejahtera dan tidak bisa memenuhi kebutuhan gizinya,” terang Dyah Sinta.

Menurut Dyah, saat ini ada 600 Lansia yang sudah terdata. Mereka akan memperoleh bantuan pangan setiap minggunya. Jumlah itu masih bisa berkembang sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Sudah ada 600 Lansia yang terdata sebagai penerima makanan. Untuk menunya kita berkonsultasi dengan ahli gizi di dinas kesehatan. Ada protein, karbohidrat, sayur, buah dan kudapan,” katanya.

Diah mengungkapkan untuk pelaksanaan program itu, pihaknya melibatkan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kota Tegal, yang memasak makanannya, serta pendamping yang akan memantau perkembangan Lansia. Sementara untuk pengantarannya menggunakan jasa ojek online.

“Masyarakat juga bisa berpartisipasi membantu Lansia. Kita sudah ada aplikasi Jempolan,” jelasnya.

Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono, mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan itu. Harapannya, dengan kegiatan itu Lansia bisa mendapatkan bantuan pangan.

“Nantinya, diharapakan bisa dikembangkan lagi sehingha tidak hanya lansia tetapi juga anak yatim piatu bisa mendapatkan bantuan,” ujar Dedy Yon.

Dedy berharap, seluruh elemen masyarakat Kota Tegal mendukung pelaksanaan program ini. Selain itu segera ada pendataan ulang sehingga tidak ada Lansia yang tertinggal.

Kontributor : Wijayanto
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini