Sepi Manggung, Pedangdut Pemalang Rilis Lagu ‘Ngumah Bae’

0
Toto Teras, pencipta lagu, mencuci tangan dengan sabun saat masuk ke rumah makan.FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Menyikapi wabah Covid-19 yang tak kunjung pergi, banyak hal yang dilakukan masyarakat mengkampanyekan social atau pysical distancing. Salah satunya para pedangdut di Kabupaten Pemalang. Meskipun sepi dari job manggung, tetapi mereka tetap berkreasi dengan menciptakan lagu yang diberi title ‘Ngumah Bae’.

Judul lagu dangdut ‘Ngumah Bae’ yang artinya di rumah saja, baru saja dirilis oleh musisi dangdut Yoto Teras dengan vokalis Ello dan Nazar baru-baru ini. Sebuah lagu karya anak Pemalang itu dibuat menyikapi wabah Covid-19 yang tak kunjung usai meskipun pemerintah pusat dan daerah mengkampanyekan hidup sehat dengan social atau pyisical distancing.

“Aja Klalen Bar Lunga-lunga
Cuci Tangan Nganggo Sabun
Wabah corona memang Bahaya
Ayo Basmiiiii jangan dikasih Ampun.
Jarene gon ngumah bae nyatane akeh sing kluyuran apa ra krungu himbauane
Maksane pada grumungan,”

Itulah petikan liryk lagu dangdut ‘Ngumah Bae’ yang diciptakan Yoto Teras.

Kepada Puskapik, Senin, 6 April 2020, Yoto Teras mengajak warga masyarakat untuk bersama sama melawan virus covid 19 dengan cara hidup sehat dan cuci tangan dengan sabun serta berdoa kepada Allah SWT.

Yoto dan kawan musisi yang lain sadar betul jika dirinya tidak bisa berbuat banyak dengan wabah in. Namun ia tetap mengingatkan masyarakat melalui lagu yang diciptakannya dengan harapan bisa mengedukasi masyarakat agar bergerak bersama sama melawan Covid-19.

Sementara Ello sebagai vokalis ‘Ngumah Bae’ mengaku membuat lagu dengan bahasa Pemalangan sering dilakukanya disaat sepi manggung seperti sekarang ini. Ello yang berprofesi sebagai pembawa acara di setiap event dangdut itu mengaku tidak pernah menerima job di saat wabah corona mulai masuk Kabupaten Pemalang sejak satu bulan belakangan ini.

“Para musisi dangdut khususnya, banyak yang menerima pembatalan job manggung gara gara penerapan social atau pyiscal distancing oleh pemerintah daerah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” kata Ello.

Selain merilis lagu Pemalangan tersebut, para musisi dangdut juga membuat video clip ‘Ngumah Bae’ berdurasi 2 menit 8 detik. Dalam video clip tersebut penyanyi mengenakan baju layaknya Alat Pelindung Diri (APD) dilengkapi dengan masker.

Penulis : Dedi Muhsoni
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini