Perwakilan 3 Eks Karesidenan Ikuti Sosialisasi KIM Di Pemalang

0

PEMALANG (PuskAPIK) – Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Tengah adakan kegiatan Peningkatan Dan Pengembangan Lembaga Komunikasi Masyarakat (LKM)/ Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di kabupaten Pemalang, Senin ( 26/02).

Bertempat di gedung Sasana Bhakti Praja Pemalang, kegiatan diikuti oleh 70 orang perwakilan dari 16 kabupaten/kota yang ada di 3 eks. Karesidenan yaitu Pekalongan, Banyumas dan Kedu.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Propinsi Jateng Dadang Somantri yang diwakili Kabid IKP Diskominfo Provinsi Jateng Evi Sulistyorini menyampaikan, Lembaga Komunikasi Masyarakat (LKM) adalah Kelompok Informasi Masyarakat yang dibentuk dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif. Keberadaan LKM/KIM sangat diperlukan, karena kondisi sebagian masyarakat yang belum memiliki kemampuan memadai untuk menelaah muatan informasi, karena faktor sosial, ekonomi maupun budaya. Oleh karena itu, LKM/KIM diharapkan mampu menjadi corong pemerintah di tingkat desa, kelurahan dan kecamatan.

Pentingnya peranan KIM terutama sebagai penyambung lidah dan penerus informasi ditingkat desa atau kelurahan. Untuk tingkat kecamatan, diharapkan senantiasa berperan memberikan informasi yang simultan dan terus menerus kepada masyarakat, sehingga anggota KIM ini layaknya jembatan bagi informasi dari dan kepada masyarakat, dari dan kepada pemerintah daerah.

Sementara itu Sekda Kabupaten Pemalang, Drs.Budhi Rahardjo. MM. yang diwakili Asisten Pemerintahan H. Aunurofiq, SH. saat membuka acara tersebut menyampaikan, seiring dengan perkembangan tekhnologi informasi, saat ini, pelaksanaan KIM khususnya yang ada di Kabupaten Pemalang, juga banyak mengalami perubahan. yang sebelumnya dilakukan secara tradisional sekarang sudah menggunakan tekhnologi informasi. Sekda menambahkan untuk menunjang kegiatan KIM agar dapat berjalan secara optimal, Sekda mengatakan, perlu didukung dengan sarana dan prasarana penunjang lainya.

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang, Drs.Nugroho Budi Raharjo dengan materi ” KIM, masyarakat informasi dan desiminasi informasi ” serta narasumber dari Dispermasdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, Edi Pranoto. dengan moderator Rida Sukirtanti (hape)