Cegah Corona, Penumpang di Stasiun dan Terminal Pemalang Disemprot Disinfektan

Para penumpang yang singgah di Terminal dan Stasiun Pemalang disemprot disinfektan oleh petugas gabungan, Kamis (26/3/2020). FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Para penumpang yang singgah di Terminal dan Stasiun Pemalang diperiksa suhu badan dan disemprot disinfektan oleh petugas gabungan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Pemalang, Kamis (26/3/2020). Kegiatan itu dilakukan agar bisa memutus mata rantai virus Covid-19.

“Kegiatan ini bagian dari contoh agar pengelola terminal dan stasiun harus melakukan langkah kongkret dalam upaya memerangi virus corona ini, sehingga pengelola stasiun agar menyediakan sarana tempat cuci tangan, dan cek suhu badan serta disemprot menggunakan disinfektan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Mohammad Arifin.

Menurut Arifin, kegiatan serupa sebelumnya sudah pernah dilakukan, tapi untuk antisipasi awal kedatangan di terminal dan stasiun. Penyemprotan dan cek suhu badan penting dilakukan karena penumpang dari luar kota dapat berpotensi membawa virus Covid-19.

“Yang datang dari luar kota itu potensi membawa dan menyebarkan virus, sehingga wajib dilakukan pencegahan dini yaitu semprot dan cek suhu badan para penumpang,” katanya.

Arifin meyakini penanganan wabah ini segera teratasi dengan peran masyarakat menjaga pola hidup sehat dan menghindari kontak fisik, atau minimal jarak 1,5 meter.

Pada kegiatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang Agus Sukoco akan segera melakukan penyemprotan dan cek suhu badan Anggota DPRD. Mengingat kegiatan Anggota dewan sangat padat meskipun saat ini ada larangan kunjungan kerja ke luar daerah.

“Anggota dewan segera mungkin dicek suhu tubuhnya, dan setiap ruang akan disemprot menggunakan disinfektan,” kata Agus.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor: Faisal M

Tinggalkan Balasan