660 Anggota PPS Dilantik, Dinkes Pemalang Terjunkan Tim Medis

0
Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemalang menerjunkan tim medis untuk membantu prosesi pelantikan anggota panitia pemungutan suara (PPS) di 14 kecamatan, Minggu (22/3/2020). FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Mewabahnya virus corona atau Covid-19, tidak menghambat tahapan Pilkada Pemalang 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemalang, Minggu (22/3/2020), tetap melantik anggota panitia pemungutan suara (PPS) dengan pendampingan tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes).

Prosesi pelantikan PPS diubah dari konsep awal. Dari sebelumnya dilakukan secara serentak dari 14 kecamatan, diganti menjadi terpisah di kecamatan masing-masing. 

Di tiap kecamatan, para peserta datang secara bergilir dan bergelombang. Mereka yang sudah selesai dilantik dipersilahkan untuk pulang. Diganti dengan peserta yang baru datang.

“Para tim medis diperbantukan untuk memeriksa para anggota sebelum melangsungkan pelantikan. Di cek suhu dulu pakai thermal gun, kemudian pakai hand sanitizer,” kata Kepala Dinkes Pemalang, dr Solahudin, dalam keterangan pers yang diterima Puskapik, Minggu petang (22/3/2020).

Pelantikan PPS dilangsungkan di semua kecamatan di Kabupaten Pemalang. Ada sekitar 660 orang yang mengikuti prosesi pelantikan. Mereka diambil sumpah untuk melaksanakan kewajiban sebagai penyelenggara pemilu ditingkatan desa.

“Kita membantu agar tahapan pilkada di Pemalang tetap berjalan. Petugas medis kita kerahkan dari puskesmas-puskesmas dan stand by di tiap kecamatan saat pelantikan berlangsung,” papar Solahudin.

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini