Banyak Paku Bumi Berhamburan di Jalan Raya

0
Petugas Satlantas Polres Tegal Kota dan Dinas Perhubungan Kota Tegal, memeriksa paku bumi yang berserakan di Jalan Raya Mayjen Sutoyo, Kota Tegal, Kamis siang (19/03/2020). Paku Bumi ini terjatuh dari truk karena rantainya putus.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Sebelas batang paku bumi berhamburan jatuh dari atas truk di ruas jalan Mayjend Sutoyo Kota Tegal , Kamis siang (29/03/2020). Ini terjadi karena rantai pengikatnya putus. Meski tak menimbulkan korban jiwa, tumpahan beton paku bumi seberat puluhan ton ini mengakibatkan trotoar dan pagar rumah dinas bank rusak.

Kaur Binop Satlantas Polres Tegal Kota, Iptu Joko M, mengatkaan, kejadian berawal saat truk tronton L 8642 UM yang mengangkut pasak bumi melaju dari arah utara atau jalan Gajah Mada. Saat melintasi jalan menikung di jalan Mayjen Sutoyo, tiba-tiba rantai pengikat paku bumi terputus, sehingga tumpah ke jalan.

“Diduga saat melewati tikungan ini, laju truk terlalu kencang sehingga rantainya putus karena tak kuat menahan beban berat ketika menikung,” kata Iptu Joko.

Akbar, sopir truk, mengaku tidak terlalu kencang mengemudikan truk. Sejak berangkat dari Gresik, dirinya mengemudikan truk dengan kecepatan sedang.

“Karena muatannya berat, gak mungkin saya kecepatan tinggi. Mungkin sudah kejadian mau gimana lagi,” katanya.

Kasus kecelakaan tunggal ini ditangani Unit lakalantas Polres Tegal Kota dan Dinas Perhubungan Kota Tegal.

“Ukuran rantai pengikatnya sudah standar. Kalu soal muatan, nanti ada tim dari Dishub yang akan melakukan uji tonase,” terang Abdul Kadir, salah satu Petugas Dishub Kota Tegal.

Penulis : Wijayanto
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini