Lagi, Longsor Robohkan Jembatan di Pagelaran Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Musibah tanah longsor kembali meruntuhkan infrastruktur di Pemalang. Belum sepekan longsor merobohkan jembatan Kali Sapi Desa Pagelaran Kecamatan Watukumpul, Jumat sore (13/3/2020), longsor kembali merobohkan jembatan di wilayah ini

Kali ini, longsor merobohkan jembatan Kali Picung di Desa Pagelaran. Jembatan sepanjang 6 meter dengan lebar 3 meter ini ambruk diterjang longsor.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, ambruknya jembatan Kali Picung melumpuhkan akses jalan yang menghubungkan Desa Pegelaran dan Desa Bodas.

Dari laporan Kepala Desa Pagelaran, Juli Hermanto, peristiwa terjadi pada pukul 15.00 WIB. Hujan lebat secara terus menerus dalam beberapa terakhir mengakibatkan pergerakan tanah menjadi labil. Tak hanya longsor, dan debit air sungai juga meningkat.

“Kerugian ditaksir mencapai 500 juta rupiah. Jembatan Kali Picung dibangun pada tahun 2016 melalui Program Pembangunan Partisipatif Masyarakat Desa (P2MD),” ungkap Juli Hermanto.

Atas peristiwa ini, upaya antisipasi sementara yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Pagelaran antara lain, memasang rambu-rambu atau tanda menggunakan bambu agar jembatan tidak dilewati warga. “Kami menghimbau warga untuk tetap waspada bencana, karena curah hujan yang masih tinggi,” ujarnya.

Minggu sore (8/3/2020), longsor di Desa Pagelaran juga mengakibatkan jembatan Kali Sapi Ambruk. Selain itu, rumah milik Hartoyo, warga Dukuh Kedawung RT 016 RW 08 Desa Pagelaran Kecamatan Watukumpul, juga mengalami rusak berat.

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini