Cegah Corona, Pelajar Pemalang Dilarang Bersalaman dan Wajib Cuci Tangan

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Sebagai antisipasi pencegahan virus corona, Polres Pemalang, menggalakkan gerakan cuci tangan bersih. Kampanye cuci tangan bersih dilakukan di sejumlah lokasi seperti di SMP 7 Pemalang, Samsat Pemalang, melibatkan dokter Puskesmas Mulyoharjo dan Kebondalem dan Dokes Polres Pemalang, Jum’at (13/3/2020).

Kepala SMP N 7 Pemalang, Siti Komariah, menyebutkan saat ini sekolah ada kebijakan khusus , anak tidak bersalaman dan wajib cuci tangan. “Siswa sementara tidak dianjurkan salaman dan mereka harus cuci tangan, sedang yang sakit agar istirahat di rumah,” jelasnya.

Pihaknya, mengapresiasi sosialisasi cuci tangan bersih tersebut. “Terimakasih kepada seluruh pihak, tentunya sangat bermanfaat, terutama bagi para siswa, agar lebih menjaga kebersihan,” kata Siti Komariah.

Polres Pemalang mengajak masyarakat membiasakan pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan mencuci tangan bersih. Kabag Ops Polres Pemalang, Kompol Alkaf Chaniago, mengatakan, dengan pola hidup bersih maka kesehatan masyarakat terjaga.

“Kita melakukan aksi bersama mengajak masyarakat untuk berpola hidup sehat,” ucap Kompol Alkaf.

Dokter Jaya Prabawa, dari Dinas Kesehatan Pemalang, menyebut sosialisasi kebersihan masyarakat sangat pensting agar lebih sehat. ” Menjaga kesehatan dengan salah satu cara adalah mencuci tangan yang benar. Gerakan ini sangat bagus dan bisa meningkatkan kesehatan masyarakat. Seperti saat ini ada virus Covid 19 atau corona, jangan panik namun harus tetap waspada,” katanya.

Ada enam langkah cara cuci tangan yang benar, yaitu mulai telapak tangan, lalu punggung tangan, sela-sela jari, kunci jari jari, putar ibu jari, serta terakhir kuku jari.

“Hal yang lebih penting dilakukan masyarakat adalah tetap menjaga kebugaran badan dengan berolahraga sehingga badan sehat dan tidak mudah sakit,” ujar Jaya.

Sosialisasi yang diikuti ratusan siswa SMP N 7 Pemalang, beserta guru tersebut berjalan meriah dan menarik.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini