Job Fair, Dinas Tenaga Kerja Gandeng 40 Perusahaan

0

PEMALANG (PuskAPIK) – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang Job Fair Pemalang 2017dan Launching sistem pelayanan informasi elektronik tenaga kerja (sipelitanaker) berbasis Android, Selasa (24/10)

Bertempat di gedung serba guna Pemalang yang akan diselenggarakan selama 2 (dua) hari, Selasa dan Rabu Rabu (24-25 Oktober 2017) dihadiri wakil Bipati Pemalang H. Martono dan berkesempatan membuka kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang, Drs Mu’minun, MM., dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan job fair Expo adalah memberikan informasi seluas luasnya kepada pencari kerja mengenai lowongan kerja diperusahaan peserta job fair serta mempertemukan antar pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang ada.

“Meningkatkan penempatan pencari  kerja baik penempatan antar kerja lokal (APL) maupun kerja antar daerah (KAD). Mengurangi angka pengangguran baik bertaraf nasional maupun regional.” ungkap Mu’minun.

Lebih lanjut Drs. Mu’minun juga menegaskan bahwa job fair Expo ini merupakan upaya dinas tenaga kerja untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Pemalang selain itu dengan adanya sipelitanaker, calon pencari kerja untuk mendaftarkan diri sebagai pencari kerja cukup dari rumah lewat aplikasi Android sedangkan pencetakan kartu kuning langsung dilaksanakan di kantor dinas tenaga kerja.

Sementara itu menurut wakil bupati Pemalang H. Martono yang mewakili Bupati Pemalang H. Junaedi, bahwa pemerintah kabupaten Pemalang sudah berupaya menjembatani antara pencari kerja dengan penyedia kerja.

“Semua (perusahaan yang ikut job fair) memerlukan tenaga kerja yang lebih besar sehingga nantinya antara pencari kerja dan penyedia kerja pas klop dan sudah dihitung gajinya sesuai atau tidak. Saya kira (kegiatan ini) salah satu upaya mengurangi penggaguran di Pemalang.”  kata wakil bupati Pemalang.

Job fair Expo 2017 diikuti sekitar 40 perusahaan sektor manufaktur, industri, jasa keuangan, perbankan dan perdagangan dengan jumlah lowongan pekerjaan sebanyak 3.175 lowongan dengan  target 5000 pencari kerja. Jabatan yang disediakan dari operator sampai manajerial.(hp)