Bupati Hadiri Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Dunia

0
PEMALANG (PuskAPIK) – Bupati Pemalang H. Junaedi menghadiri pelaksanaan Deklarasi Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free) Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia ke 10 dan Kampanye Menuju Kampung Sehat Kab kabupaten Pemalang Tahun 2017, Senin (16/10).
Bertempat di lapangan Sidodadi desa Pegiringan kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang, kegiatan juga dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Pemalang, Widya Utami SKM,MKM (Kemenkes RI), Dinas Kesehatan Prop.Jateng, para Asisten Setda Kab.Pemalang, para OPD Kab.Pemalang, Muspika se Kab.Pemalang, Dinas Kesehatan Kab.Pemalang, Kades/Kalur se Kab.Pemalang, Dinas Puskesmas Bantarbolang, Ketua TP.PKK Kab.Pemalang, TP.PKK se Kab.Pemalang, Dinas pertanian Kab.Pemalang serta tamu undangan lainnya.
Kegiatan tersebut diawali dengan penanaman bibit cemara oleh bupati Pemalang dilanjutkan dengan menyaksikan simulasi cuci tangan pakai sabun (CTPS) oleh anak sekolah serta pelepasan balon HCTPS ke udara.
Bupati Pemalang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Deklaraasi Desa/Kelurahan ODF sekaligus memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia ke 10, sebagaimana yang telah dicanangkan di kabupaten Pemalang tahun 2011 di dukung oleh semua stekholder dan seluruh elemen masyarakat sehingga dapat berjalan dengan baik. Untuk itu bupati menugaskan dinas kesehatan untuk kegiatan sanitasi dengan menyediakan infrastruktur dibidang kesehatan dan Deklarasi ODF se Kabupaten Pemalang.
Sementara itu Widya utami SKM, MKM (Kemenkes RI) berkesempatan manyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Pemalang yang sudah meninggalkan kebiasaan buang air besar sembarangan dan terdapat 24 desa yang siap mendeklarasikan ODF.
Ditambahkan bahwa Peran bupati dan jajaran OPD yang sudah mendukung jalannya Deklarasi Desa/Kelurahan ODF dan Peringatan HCTPS di wilayah Kabupaten Pemalang sehingga dapat terlaksana dengan baik. Dengan adanya komitmen untuk Deklarasi Desa/Kelurahan ODF oleh 24 Desa harapannya masyarakat bisa melaksanakan sehingga terbebas dari penyakit dan membiasakan pola hidup sehat.
Bupati Pemalang beserta rombongan berkesempatan mengunjungi stand sanitasi (Stand pameran terdiri dari kegiatan STBM berupa foto2 kegiatan, pengelolaan air bersih, rumah sehat) wirausaha sanitasi dan stand usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera . (hp)