Pameran Produk Kelompok Binaan OPD Kota Pekalongan Diserbu Pengunjung

0
Pameran produk pertanian, peternakan, dan perikanan di halama Setda Pekalongan diserbu masyarakat, Jumat (28/2/2020). FOTO/PUSKAPIK/SURYONO

PEKALONGAN (PUSKAPIK) – Senam sehat yang digelar di halaman Setda Kota Pekalongan, Jumat (28/2/2020) kali ini, berbeda. Kegiatan rutin ini diramaikan stan-stan yang memamerkan produk pertanian, peternakan, dan perikanan dari kelompok usaha binaan organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan Zainul Hakim mengungkapkan, dinasnya memiliki binaan yakni Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL), Kelompok Wanita Tani (KWT), maupun peterrnak yang menghasilkan produk susu, daging, dan telur.

“Kami coba promosikan produk pertanian dan peternakan di halaman setda dan ternyata antusias pengunjung luar biasa. Ini menjadi tantangan, ke depannya akan kami siapkan lagi produk-produk yang akan dipromosikan,” kata Hakim, Jumat (28/2/2020).

Menurutnya, masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini. Produk yang dipromosikan Dinperpa seperti telur, beras, susu, hasil peternakan dan pertanian lainnya laris manis terjual. Begitu pula stan binaan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pekalongan.

“Kami dengar ini menjadi kebijakan untuk mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) melalui Dindagkop UKM dan OPD teknis lainnya yang memiliki binaan. Even ini harus kita tingkatkan untuk mengajak masyarakat Kota Pekalongan agar memiliki pola pangan bergizi dan seimbang. Ini juga untuk menepis isu stunting melalui produk olahan pangan yang asuh (aman, sehat, utuh, dan halal),” kata Hakim.

Sementara itu, Kelompok Pengolah Pemasar (Poklatsar) Mina Mandiri Binaan, Yuni Markanto mengaku sangat senang dengan kesempatan yang diberikan Pemkot Pekalongan. Pasalnya kelompoknya dapat andil mempromosikan produk olahan ikan.

“Hari ini kami membawa aneka olahan ikan frozen dan siap santap, kerupuk matang dan mentah. Kami ingin menunjukkan bahwa produk yang dipromosikan ini tak kalah dengan di supermarket. Kami sangat menjaga kualitas, hiegenitas, dan kesegarannya, bahkan kualitas ekspor,” kata Yuni.

Yuni berharap ke depannya tak hanya di halaman Setda, promosi ini dapat dilakukan di berbagai OPD. Menurut Yuni, mengonsumsi ikan dapat mengulangi stunting untuk anak, membuat remaja lebih pintar, dan lansia tak pikun.

“Hasil ikan di Kota Pekalongan skalanya besar, Yuni berharap kegemaran masyarakat makan ikan semakin meningkat di samping pertumbuhan perekonomian di bidang perikanan juga meningkat. Semoga even seperti ini terus dilaksanakan,” kata Yuni.(YON)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini